Nyasar di Sweden bersama Swedish

Hari senin, tanggal 20 Agustus 2012, aku ama Miku pergi ke Karolinska Sjukhuset (Rumah Sakit Karolinska) untuk ambil tes darah. Hari itu berasa yang hari sial buat kami berdua. Malam sebelumnya tuh Miku udah ngingetin, kita bangun jam ½ 6 pagi, trus berangkat sekitar jam 7 pagi ke rumah sakitnya. Karena Miku tau kebiasaan istrinya, alarm bunyi, ½…

Bahasa Indonesia

Kemarin di sekolah dapet PR , suruh bikin ulasan dan fakta tentang bahasa Indonesia. Jadilah aku browsing sana sini demi mendapatkan informasi dan bercerita sedikit di sekolah tentang bahasa nasional kita Indonesia. Beginilah penampakannya : I  Indonesien talar man indonesiska som är det officiella språket. Det är ett nationellt språk sedan 18 augusti 1945. Indonesiska…

Selasa = Tegang !

Hari ini adalah hari kesembilanbelas di bulan Ramadhan, bolong 2 hari puasaku. Satu harinya sebelum seharinya aku mual – mual pake beneran m*nt*h pula. Trus besoknya jadi gak puasa deh. Trus hari ini tadi, soalnya mau ujian akhir SFI, alesannya. Pagi harinya aku sengaja minta Miku ga ngebangunin aku untuk sekolah, soalnya bakalan sempet capek…

Get knowledge get money

Dalam postingan sebelumnya  aku cerita tentang sekolah gratis di Swedia bukan ? Dan sekarang aku mau membahas tentang sesuatu yang tak jauh jauh dari sekolah dan gratis pula. Beberapa bulan saat aku mulai sekolah SFI aku mendaftarkan diri juga di Arbestförmedlingen, seperti yang sudah aku ceritakan yah. Namanya Yrkensvenska Utbildning, yang disarankan oleh pihak Arbetsförmedlingen untuk…

Curhat tentang sekolah di bulan Juni

Kebun binatang yang tak ada binatangnya Jumat ini bagus sekali cuacanya, sayang sekali di prakiraan cuaca katanya besok tidak secerah hari ini. Katanya sih bakaln mendung dan hujan di suhu sekitar 15 derajat Celcius gitu. Membosankan kan ? Jelas. Untungnya kemarin pas acara sekolah jalan – jalan ke Skansen, kebun binatang di Stockholm, cuaca sedang…

Måndag , slutet av Maj

Hari ini sedikit agak stressigt, Miku bangunnya kesiangan yang akibatnya kami -aku dan Miku- telat berangkat ke aktifitas masing – masing. Seperti telah diketahui oleh banyak pihak, yang namanya Cha itu sangat pemalas. Bukan samasekali morgonpigg, jo, det är inte jag ! Jadilah Miku yang setiap pagi pålitlig man untuk ngebangunin istri malas yang tercinta…

Väl Godkänt buat SFI C2

Hari ini terasa banget seakan – akan menjadi hari terpanjang buatku dan terbukti saja. Rasanya udah tidur lama aja semalem eeh masih juga belom jammya bangun. Sampai jam 7 baru deh Miku ngebangunin aku untuk siap – siap berangkat sekolah. Lah kok malah Miku yang bersemangat kalo udah masalah pergi ke sekolah ya ? Akunya…

Sekolah Gratis di Swedia

Seperti tema diatas, memang gratis sekolah di Swedia. Salah satunya adalah SFI (Svenska För Invandrare), sekolah yang dikhususkan untuk para imigran untuk belajar bahasa Swedia. Misinya agar para imigran ini ‘tidak tersesat’ di negara kutub ini. Dan lagi adalah karena kebanyakan kesempatan kerja yang ada di negara ini harus bisa bahasa Swedia. Tapi jangan takut…

SFI ooo SFI

Pasti bertanya – tanya kan bagaimana perkembangan belajarku di SFI *ceritanyaGRnih* ? Well, so far, kata Miku aku belajar dengan sangat cepat. Dari yang samasekali ga bisa dan ga tau svenska, sekarang sedikit sedikit sudah bisa ngomong dan tau apa yang diomongin Miku. Tapi yang namanya sekolah ya pasti ada yang nyantol sih ya, kebangetan…

Svenska För Invandrare

Sudah dapet 4 hari sekolah Svenska, bagaimana ceritanya ? Hari Pertama, Dateng pagi – pagi dianterin Miku sampe depat pintu masuk sekolah. Kebetulan pilihanku sekolah di dalam mall deket rumah, cukup 5 – 10 menit jalan kaki. Tapi walaupun jalan kaki kalau dinginnya udah minus something derajat ya tetep aja rasanya jauh *dasarmales*. Pertama –…