Bekerja di Swedia

Selagi libur, aku sempetin buat berbagi sedikit tentang pengalaman kerja di negeri anyep ini.

Tahun lalu, tepatnya Oktober 2015 pas Den Gus usianya menginjak 1 tahun 2 bulan. Lantas bagaimanakah dengan si anak bayi ini? Yah… kebetulan saat itu ada mama dan kebetulan pula Miká udah dapet tempat di sebuah pre-school deket rumah. Saat itu aku juga kerjanya gak setiap hari, paling sering sih Sabtu-Minggu. 

Karena udah keenakan kerja, aku jadi ketagihan pengen dapet kerjaan yang tetap dan dapat gaji yang lebih menjanjikan. Jadi aku keep apply job ke perusahaan manapun dan tanya- tanya ke beberapa teman yang punya koneksi bagus. Salah satu teman merekomendasikan sebuah perusahaan catering yang ownernya punya beberapa restoran yang cukup dikenal di Stockholm. Setelah melamar, akhirnya diterima dan langsung di hari pertama itu dikasih serving course dan beberapa pengetahuan tentang perusahaan dan cara kerja mereka. Baik di tempat kerja pertama dan catering ini aku cuma tenaga panggilan. Yang kerja kalo dipanggil/diperlukan, yang berarti juga gajinya angot- angotan.

Belum menyerah juga, aku tetap mengirim surat lamaran ke perusahaan lain. Karena dari awal dapatnya kerjaan sebagai waitress jadi aku ngelamarnya di jurusan sekitar itu deh. Akhirnya dapatnya panggilan kerja untuk summerjob di hotel Sheraton. Ya emang tadinya cuma part time dengan kontrak sekitar 3-4 bulan. Tapi lumayanlah, karena artinya gajinya udah bisa diharap dapet setiap bulannya. Dan sekitar sebulan yang lalu alhamdulillah akhirnya kontrakku dipermanen.

Awal kerja disini lumayan menegangkan ya, masalah pertama sih bahasa, kedua karakter orangnya.

Beberapa hari pertama kerja itu aku stress banget. Karena disini aku gak dikasih tau gimana cara kerjanya, apa yang harus dilakukan. Misalnya nih, dimana letak gudang makanan kering, minuman dan lain- lain. Tapi langsung disuruh ini itu, jadi kan meraba- raba, nanya sana sini yang gak karuan tau juga. Waktu itu sempet sampe nangis, alesannya sih karena tamu yang rese, padahal dalam hati aku nangis karena tertekan kerja ama salah satu kolega yang  pengecut banget gayanya.

Tapi sekarang karena aku udah tau apa yang harus dan tidak boleh dilakukan saat kerja jadi aku merasa percaya diri. Bahkan problem dengan kolega pengecut itu aku lupakan, dianya emang gitu sih, masih nyebelin, tapi banyak juga yang gak suka ama dia, jadi ya dicuekin aja si bebek itu 😊. Sementara dengan teman- teman yang lain hubungan kami sangat menyenangkan.



Oia kerja disini wajib untuk gak manja. Angkat beban yang berat, ndorong troli mesin kopi itu juga cewek yang ngerjain, jangan harap nunggu cowok ngerti dan paham kalo merekalah yang harus melakukan itu. Karena di negara ini emansipasi wanita dijunjung tinggi.

Tentang masalah gaji. Gaji bekerja di negara ini banyak potongannya ciiiint! Bayar pajak penghasilan sendiri sekitar kurleb 30%, biasanya untuk masalah asuransi kesehatan dan pensiun udah dibayarin perusahaan. Keuntungan bekerja yang lain adalah setiap tahun dapat semacam uang perawatan diri, yang bisa digunakan antara lain untuk pijet, beli alat kesehatan dan semacamnya. Selain itu jatah libur bisa dapat sekitar 3-6 minggu setelah 6 bulan sampai 1 tahun masa kerja dengan gaji tetap dibayarkan namun sekitar 80%.

Naaaah…. begitulah pengalaman kerjaku disini, semoga menginspirasi dan kemudian kalian pengen langsung nglamar kerja dan langsung dapet!!

Oia jangan lupa kalo ke Stockholm dan nginep di Sheraton, sapa aku yaaaaa, siapa tau bisa fotoan bareng.

Advertisements

21 thoughts on “Bekerja di Swedia

  1. Waaahh selamat Cha sudah permanen. Seneng aku Cha baca kisahmu ini. Kamu bener2 gigih orangnya. Patut kucontoh. Mudah2an kalo kami ke Stockholm bisa ketemuan yaaa kita, meskipun ga nginep di Sheraton haha. Sukses Cha!

  2. wah. selamat yah chaaa.. 🙂 iya aku juga rela bayar pajak gede, kalo memang akhir2nya buat kita jg ya cha. btw enak banget cutinya banyakkk.

  3. kayaknya kamu tipe orang yang ga betahan di rumah ya cha hihihihi… aku juga kalo disuruh milih jadi ibu rumah tangga ato kerja, pasti lebih milih kerja… uda ketagihan punya duit sendiri hehehehe…

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s