as Newbie di Swedia (what to do?)

Hello, Hi, Holla! Apa kabar? Beneran seperti ditelan bumi ini blog. Tadinya mau fokus jadi blogger sejati eeh malah blogger sejadi – jadinya. Jadi nulis kalo gak males, gak jadi kalo lagi ribet. Sampe- sampe harus reset password saking lamanya gak login. Parah banget gak sih?!

Beneran deh, yang empunya blog ini lagi ‘sok’ sibuk banget. Sibuk sekolah, kerja (kalo lagi dapet jadwal) dan urus rumah tangga. Apalagi sekarang den ndornying-nya udah mulai ngajak komunikasi.

Etapi, maaf, ini judulnya kan Newbie yah, lahkok aku malah curhat. Jadi ini tulisan aku persembahkan kepada teman- teman yang baru/akan datang ke Swedia untuk tinggal beberapa waktu (bukan untuk turis/wisata, ya) dan ingin tahu apa aja yang harus dilakukan di Swedia pertama kali. Karena beberapa hari yang lalu ada beberapa teman yang ‘tersesat’ di Swedia.

Jadi… Ini adalah beberapa tips dariku yang semoga bisa berguna bagi kalian.

  1. Gabung dengan beberapa grup orang Indonesia di Swedia. Antara lain SIS (Svensk Indonesisk Sällskapet), MCSI (Mixed Couple Sweden Indonesian), PPI Swedia (Perhimpunan Pelajar Indonesia) dan kalo gak salah ada juga yang namanya Kamus, dan beberapa lainnya. Kebanyakan grup- grup ini ada di facebook.
  2.  Lapor diri ke KBRI di Stockholm, biar mereka tahu keberadaanmu disini. Namanya juga waspada kan, seumpama (ketok meja 3x) ada kejadian apa- apa jadi pihak KBRI juga bisa menindak lanjuti.
  3. Mulai buat kontak dengan beberapa orang Indonesia aka cari teman, sapa tahu jadi sodara kan. Jadi bisa jadi obat kangen kalo kalian lagi rindu keluarga di Indonesia, teman curhat ato cuma kumpul- kumpul bahas makanan?
  4. Kalo udah punya ID card (personnummer) kalian udah bisa mulai daftar sekolah bahasa Swedia. Saranku untuk masuk sekolah bahasa Swedia ini adalah penting! Meskipun Swedes 90% orangnya bisa bahasa Inggris tapi bisa bahasa Swedia itu harus, apalagi kalo punya niatan untuk kerja disini. Penting juga untuk bisa berkomunikasi dengan guru anak- anak nantinya.  Dan untuk sekolah bahasa, alangkah lebih baiknya kita memulai dari SFI, yang benar- benar level dasarnya, yang bisa dibilang gampil banget. Bahkan bisa dipelajari melalui internet, tapi datang dan belajar langsung di SFI level ini aku saranin banget. Don’t skip! Karena di level ini, kalo kalian dianggap udah mampu (mumpuni) kalian bakal naik level juga cepet. Level ini penting untuk level selanjutnya (SAS). Info SFI klik -> http://www.stockholm.se/ForskolaSkola/Svenskundervisning-for-invandrare-sfi/
  5. Jangan lupa juga daftarkan diri kalian di Arbetsförmedlingen -> http://www.arbetsformedlingen.se/Globalmeny/Other-languages/Languages/English-engelska.html. Arbetsförmedlingen ini adalah wadah untuk para pendatang dan pencari kerja. Dengan beberapa fasilitas dan keuntungan- keuntungan bagi kita. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan pendidikan/ kursus suatu profesi yang kita ingin tekunin. Sebagai terdaftar kita bisa mendapatkan informasi lowongan- lowongan kerja. Kita juga mendapatkan uang saku untuk setiap kegiatan (ikut kursusnya ataupun saat kita melamar kerja) yang kita laporkan. Bahkan kita juga bisa mendapatkan bantuan ilmu dan modal jika kita ingin buka usaha sendiri.

Menurutku 5 points diatas ini penting banget yah, jika emang pengen berkembang dan juga biar gak bosen di rumah terus. Kalo udah daftar sekolah atau kursus kerja kan paling tidak ada kegiatan. Dapat teman baru, suasana baru. Gak mau kan jadi burung di dalam sangkar? Get connected with others, manfaatkan fasilitas dan benefits yang disediakan negara baik hati ini dengan cerdas, yuuk!

Advertisements

18 thoughts on “as Newbie di Swedia (what to do?)

  1. Oh arbetsförmedlingen… aku kapok malah Cha daftar disana. Ga kerasa banget benefitnya. Aku juga pernah nyoba nanya soal buka usaha. Syaratnya alamakjan susahnya. Harus udah punya pendidikan & pengalaman di bidang yang mau dibuka beberapa tahun dulu baru bisa.

    • Emang kadang2 org2 di ams ini rada2 ajaib. Ada yg rajin bantu banget, ada yang pelit info. Tp kl benefit, selama kita rajin lapor, pasti dapet deh bé. Ganti handledare aja bé

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s