Sekolah balita di Swedia 

 

Sekitar awal September, Mikael udah masuk sekolah, padahal baru akhir Agustus mendaftarkan diri. Biasanya sih dari waktu mendaftar sampe akhirnya diterima itu membutuhkan waktu agak lama, tergantung ada tidaknya tempat di sekolah tersebut, makanya orang tua bisa mendaftar di sekaligus 3 tempat, kami menyebutnya disini ngantri. Rentang waktu ngantrinya ini bisa 3 – 6 bulan, ato bahkan ada yang lebih.  Sebelum masuk sekolah kami dapat surat yang berisi formulir berapa jam si anak akan ditinggal di sekolah, pilihannya separuh waktu (6 jam) atau penuh. Dan untuk pembayaran sekolah ini dihitung beberapa persen dari gaji orang tua. Dan ada maksimalnya, yaitu sekitar 1300kr (setara dengan 2jt IDR/ nov 2015). Dengan biaya segitu si anak dapat makan, snack dan popok juga sudah disediakan oleh pihak sekolah. Di formulir tersebut juga kita menulis data si anak, apa kebiasaan, yang tidak disukai dan yang paling penting adalah alergi apakah si anak ini, baik makanan, bau atau sesuatu yang lain.

3 hari pertama sekolah, orang tua menemani si anak di sekolah, tujuannya, pertama, untuk si anak belajar mengenali suasana baru dan orang dan teman baru tetapi merasa tidak sendiri. Kedua, agar orang tua tau apa aja kegiatan di sekolah, suasana dan guru- gurunya. Waktu itu setelah 3 hari ditemenin, Mikael ketularan flu temennya, pilek, akhirnya hari kelima dia gak masuk sekolah. Setelah sembuh pileknya, eeeeh diare melanda, jadilah semingguan di rumah.

Setiap harinya, saat ini Mikael ke sekolah jam 7.40, jarak sekolah tidak begitu jauh dari rumah, lantas jam 7.50 dapat sarapan di sekolah. Alhamdulillah banyak anak di sekolah Mikael yang gak makan pork, jadi menu pork/ bacon dihilangkan dari setiap makanan. Sekitar jam 9, anak- anak bermain diluar sampe sekitar jam 11, setelah itu masuk ke sekolah, bersih- bersih badan, makan siang kemudian tidur, bangun tidur, makan cemilan, biasanya roti dengan susu/ juice, kemudian persiapan main diluar lagi. Tapi sekitar jam 14 aku sudah jemput Mikael. Karena masih pengen uwel uwel si anak di rumah.

Kalo ada yang nanya, kenapa sih udah dimasukin ke sekolah, kan Mikael masih kecil? Pertama, biar aku bisa mulai sekolah atau kerja. Kedua, dengan sekolah, Mikael bisa punya teman dan bergaul dengan yang lain, bukan cuma mamma pappa aja. Dan ternyata emang Mikael suka banget berada di sekolahnya. Ketauan kalo pas kami antar ke sekolah, dianya langsung ngacir ke tempat main, kalo kita bilang hejdå (bye bye) dianya udah cuek aja.

 

perjalanan pulang sekolah dan kelaperan

Perubahan apa setelah Mikael masuk sekolah? Udah makin pinter jalannya, udah mulai bisa joget- joget dan pake muter- muter pula, bisa makan sendiri (ya namapun orang Jawa, suka ndulang anaknya), agak kurusan (ini antara emang karena makan sendiri, jadinya gak banyak yang masuk kemakan dan Mikaelnya makin tinggi). Tidurnya pun udah mulai teratur dari jam 7 malam sampe jam 7 pagi. Suka nenteng sepatu minta dipakein dan ke sekolah lagi.

Tapi alhamdulillahnya kalo pas kami nongol untuk jemput, Mikaelpun langsung nurut dan mau diajakin pulang. Kadang- kadang gak ikhlas juga ninggalin dia di sekolah, tapi ya masa sekolah ditungguin? Mending kan di rumah (bisa tidur) bisa melakukan hal yang lain. Atau cari kerjaaaaa!!!

Kalo kalian? Masih ada yang nemenin anaknya ke sekolah? Kasian ama si anak atau kasian diri sendiri? Hayo ngakuuuu!

Advertisements

51 thoughts on “Sekolah balita di Swedia 

  1. Nemenin anak sih udah ga, anter jemput iya. Millie juga klo ga salah dulu semingguan deh aku anter nya, abis itu udah ga nemenin lg hehehe

  2. ya ampuuun Mikaaa, kamu makin gemesin aja sik :* :* :*
    Bagus juga ya udah di sekolahin, biar ga kuper dan kenal orang. Hehehe sekolah kan ga berarti belajar text book yang serius 🙂

  3. Seru ya mbak sekolah gitu. Klo aku belum tega soalnya aku juga ninggalin dia bekerja kan. Jadi masih sama yg ngasuh di rumah. Ntar tiga tahun tapi mau aku masukin ke play group seh 😁

    • Tega gak tega sebetulnya… Tapi gimana lg, mau bayar BS juga gak semurah di Indonesia 😭. Jadi keingetan temen, punya anak 2 tapi BSnya ada 3 (satu lg buat bojonya, kali yah?!) hehehehe

  4. Ah anak ganteng udah mulai sekolah. Smoga sehat snantiasa & betah ya 🙂 buat mamma, smoga lekas dapat kerja & sekolahnya juga pinter ya mam, qiqiqi 😉 smangat!!

  5. Aaakk..udah cekolaahh. Mika pinteell. Cha, mika seumur anakku yg kecil deh kyknya. Nah kalo si anak mbarep dari umur 2 taun sekolah udah ga mau ditemenin, bubunya diusir2. Kebetulan laahh..akyu bisa jalan2 santai. Hahaha..kalo aku tega2 aja, lumayan lah nyolong2 ME-TIME. Hihi..asal jemput sekolah ga terlambat

  6. Seneng ya si Mika sekolah mingle sana sini dengan teman2. Kalau Bazyl baru mulai disekolah baru senin kemarin dan masih boleh ditungguin 2minggu kedepan sembari ortu belajar gimana nangain emosi anak dilingkungan baru dan sekolahnya karena bazyl aku masukin montessori school.

  7. Cuman dikasih 3 hari ya ortunya buat nemenin bicah di sekolah? Di sini 2 mingguan Cha, tergantung bocahnya 😀 Flipper baru aku masukin TK ntar umur 3 th tp sejak umur 4 bulan sampe sekarang dia udah aktif bersosialisasi , kegiatan dia lebih banyak dr emaknya hihi… Emaknya jd sopirnya aja nih >.<

    • Kalo seumpama 3 hari itu si anak masih belom beradaptasi biasanya nambah sih, tapi maks seminggu doank Beth. Sebetulnya ada sih kegiatan baby diluar sekolah, tp ya kudu ditungguin juga. Jadi lebih baik lgs dimasukin ke sekolah deh, biar aku juga bs ngelakuin hal lain 😁

  8. Kalo disini namanya day care Cha, bukan sekolah. Cara2 dan sistimnya sama spt kamu tulis diatas. Dulu the boys juga aku masukin day care sejak umur 1 tahun. Bukan krn aku mau kerja sih tapi I just need those 2 days for me time, beres2 kerjaan rumah, dan urus ini itu tanpa ribet dorong2 double pram😛 semoga Mika happy terus ya di sekolah.

    • Disini namanya Dagis/förskola gt mbak, tapi gak nemu istilah Indonesianya apa, yasudah kita sebut aja sekolah. Tapi ya emang gak belajar buku tapi lebih ke praktek dan maen2, katanya sih kali ini temanya air, jd mereka maen2 air dalam segala cara. Iya sih, kdg2 buat me time, hang out ama temen juga.

  9. Lengkap ya sekolahnya.. Di sini (Bali) ada sih TPA gitu. Tapi aku belum pernah coba. Anakku Kiandra juga baru 6 bulan. Mungkin nanti gedean dikit mau coba titip di TPA, bener kata mbak Cha, bagus buat dia belajar bersosialisasi.

  10. Salam kenal. Saya juga baru masukkin anak sekolah di tahun ajaran 2015 di umur anak 2,5 thn. Alasannya biar makin lancar bicara dan ilmu agamanya lebih bagus. Sehari-hari ber2 saya aja soalnya. Saya masih nunggu, kadang pulang sebentar. Mengingat anak segitu belum bisa membela diri kalo diusilin temennya, pernah kena pukul temennya san suami ngamuk. Kalo anaknya udah jejeg baru berani ninggal full kayaknya.

  11. si arsya juga suka ikut kakak sekolah
    emang dilema lah cha klo di indo mah, masukin anak ke “sekolah” lebih dini, nnt dibilang anakknya nnt stres, padahal deep down inside si mami juga butuh waktu buat beres2 rumah dan me time

    Hai mika ganteng, tante pengen main ke swedia deh, nnt kamu bolos ya klo tante kesana *ngayal*

  12. wah… mika kecil2 uda sekolah… jayden malah mau gua sekolahin agak telatan aja… alasannya karena sekolah disini rata2 bikin stress anak2 hahahaha… mendingan dia telat sekolah daripada kecepetan tapi ga bisa ngikutin…

    • Kl emang kita bnyk waktu di rmh kaya’nya enak nunggu dulu yah … Tapi sembari itu bikin yg kaya’ mamanya Libby itu, invite to play. Sayangnya, aku kurang telaten 😓

  13. Wah br bacaa! Cah lanang udah gede bgt cha, duh cepet bgt! Semacam daycare gitu ya ini? Seneng ya bs main2? Rencana baby Tarou mo tak masukin daycare ( dsini qt bilang ya crèche) pas dia usia 8 bulan (3 bulan lagiii?!!) krn pas dia usia 1 tahun aku mo kerja 4 hari. Warming up dl gitu. Skrg aku kerja 3 hr seminggu sejak ada si kecil:) Lucu bgt cha si Mika! We miss you xx

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s