Perkembangan bayi 5 bulan

Kata orang- orang yang sudah banyak pengalamannya, setiap anak itu tumbuh kembangnya berbeda. Itupun keliatan dari Mikael dan teman- temannya. Kurang dan lebihnya pun bermacam- macam. Tadinya aku khawatir banget, masalahnya bayi- bayi yang sepantaran Mikael di sekitar kami udah pada bisa gegulingan, duduk dan tengkurep sendiri. Tapi kata susternya Mikael, kami gak perlu cemas. Masalahnya …
2015/01/img_8428.jpg
Mikael adalah bayi premature yang memang perkembangannya agak lambat dibandingkan dengan bayi yang lahir fullterm. Jadi emang Mikael ini anaknya juga agak malas, beberapa persen waktunya dipake buat tidur (nurun banget kebiasaan emaknya), lantas waktu untuk bermain- main pun kurang. Kalo pas dia bangun dan agak good mood langsung deh aku bantu dia balik badan dan tengkurep, sekarang udah mulai bisa nahan kepalanya. Tapi dasar emang anak emak, bentaran aja tengkurep udah cerewet dan nangis, mutung (baca : ngambek) ya udah deh, daripada si anak stress, bisa- bisa minta orang tua baru kan pusing kita!! Setiap hari paling gak 5-10 menit latihan tengkurep, tapi kalo anaknya masih good mood juga ya selama mungkin ampe ngamuk sambil kentut- kentut, hihihi…
Ya maksudku sih baik sebetulnya, pasalnya Mikael yang nyaris 5 bulan ini kan kerjaannya tidur mulu seperti yang aku bilang tadi, jadi bentuk kepalanya yang bagian belakang itu rada penyot, kan jadi miris gitu liatnya. Dan menurut hasil google, cara terbaik biar bentuk kepalanya gak penyot- penyot banget adalah meletakkan bayi dalam posisi tengkurap.
2015/01/img_8429.jpg
Dari bulan keempat Mikael udah mulai suka ngemut- emut jarinya sendiri, bahkan kadang- kadang sekepalan tangannya seakan- akan mau dimasukkan ke mulut aja, setelah sebelumnya diliatin tuh tangan ampe matanya juling- juling. Dia suka asik menjilati jari- jarinya (belum tau kamu, nak, enaknya jari- jari setelah makan lalapan ayam sama sambel terasi sih)
Mikael juga udah tau kalo ditinggal emak babenya kemana gitu, suka nyariin pake lirikan maut trus teriak teriak kaya’ orang ngomel gitu. Tapi kalo ditaruh di lantai (dialasin filt tebel) sambil nonton teve suka ketawa- tawa sendiri, padahal mah acaranya masak- masak *ntah apa yang diketawain*, sambil tendang- tendang angin secara antusias dan sesekali ngeces.
Tanggal 18 Desember 2014, pas dapet vaksin rotavirus kemarin berat badan Mikael di sekitaran 7,3 kg dan tingginya 65cm, ya lumayan lah untuk perkembangan fisik termasuk di garis normal.
Keahlian saat ini masih tetap kentut, bahkan sekarang menemukan posisi yang enak dan pas biar bisa BAB lancar, yaitu pas dipangku rada tiduran sambil nonton teve. Langsung deh puas dan kadang- kadang ampe bocor, jadi aku prepare pas aku pangku kualasin perlak dulu deh, hihihi…
Kebiasaan tidurnya adalah suka narik- narik bantal/ filt di belakang kepala buat nutupin mukanya, jadi emang kudu diliatin sering- sering biar gak nutupin pernafasannya. Kebiasaan lainnya adalah kalo pas ditaruh di stroller dan kemudian ditutup filt (jadi gelap kan) dia suka langsung mendelik. Dulu sih aman- aman aja kalo diajakin jalan- jalan dan dia di strollernya, sekarang suka teriak- teriak dan mulai gelisah, pengennya itu sufflet dibuka ato kalo gak keluar dari stroller. Maunya liat– liat sekitaran udah kaya’ anak gede ajah, padahal kan udah mulai dingin disini. FYI, Mikael gak aku pakein winter overall karena; pertama, liatnya udah gerah banget aja, kedua, dia kan tidur di stroller yang cukup anget, ketiga, nih anak rupanya gak suka banget anget, kalo udah mulai gerah langsung ngamuk, nangisnya langsung mendadak pecaaaah tak tertahankan. Nah kalo dingin malah adem ayem aja, contoh kemarin aku ajak berfotoan di balkon yang dingin, badai salju, dianya cuma pake baju lengan panjang dan celana panjang, tanpa jaket atopun topi eeeh malah enak aja, palingan hela nafas panjang sekali doank, hahahaha.
Di bulan Januari ini, akhirnya Mikael punya tempat tidur baru, sebelumnya kan pake crib Miku pas masih bayi dan itu sekarang udah gak muat lagi buat Mikael. Dan juga kursi makan khusus untuk Mikael, jadi dia udah bisa mulai belajar duduk dan bisa nungguin emaknya pas masak di dapur.

2015/01/img_8427.jpg
my baby boy

Inilah perkembangan Mikael, belom banyak yang bisa diceritakan, cuma bisa dipuaskan ama pahanya yang gigitable dan pipinya yang towelable inih…

Jangan salahkan aku jika tak punya waktu untuk ngeblog, salahkan Mikael aja yaaa 🙂 *piss*

73 thoughts on “Perkembangan bayi 5 bulan

    1. Iya, ini versi Indonesia – Swedia jadinya Mikael, ntar kl ke Italy jadinya Miguel, tergantung nanti dia maunya dimana hihihi, toss dl kita !!

  1. lucu binggitss si mikael…… *gigit pipi mikael*

    sekedar sharing. bayi yang terlambat perkembangan di gerak motoriknya alias anteng, biasanya lebih cepat di perkembangan bahasanya… mungkin si dedek Mikael ini lebih cepet di bubbling, ngoceh-ngoceh sendiri, teriak-teriak sendiri yah?? CMIIW

  2. Tenang aja Cha.. ntar juga akan sampe masanya kok, yang penting memang orang tua rajin menstimulasi. Yang masalah gigit2 tangan, anakku dulu juga gitu, tapi malah aku suruh diratain aja semua dari jempol sampe kelingking… akhirnya dia mungkin eneg n stress kok ibunya ngebolehin.. berhenti sendiri deh jadinya.. alhamdulillah ^_^.
    Sehat selalu ya adik Mika… muah2

  3. Kalo dulu d boys tidurnya suka aku rubah2 posisi kepalanya kalo uda klamaan telentang, aku balikin ke samping kiri or kanan, biar merata😉 Cha, bukannya bayi ga bole tidur pake bantal? Untuk menghindari SIDS/crib death? Kalo disini sih ga bole.

    1. Bantalnya setipis kertas ini mbak, emang baby gak blh tidur pake bantal, semacam lapisan, jaga2 buat kalo2 dia gumoh sih dulunya. Ama Miku udh dilatih berubah2 posisi kepalanya mbak, tp rupanya di nyaman ama kepala agak miring ke kiri 😦

  4. Waaaaa.. Mikaeeeel gantengnaaaa.. 😀
    Siniii jadi adeknya Kak Beby aja mau yaaaaa.. Huahahah.. *dilempar golok sama Mbak Cha*

    Alhamdulillah sehat ya, Mbak.. Nggemesin banget malah :*

  5. pipinya juga gigitable hahahaha… jayden juga tadinya takut ditengkurepin… kalo ditengkurepin dia malah tegang terus nangis2 kecil gitu… tapi di bulan kedua uda mulai lamaan, walaupun ujung2nya nangis juga hahahaha…

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s