Kursus Melahirkan

Yang aku suka dari negara Swedia ini adalah keseriusannya melayani setiap masyarakat demi kemakmuran dalam hal kesehatan apalagi. Dulu pertama kali datang ke Swedia langsung ditawari untuk Pap Smear. Lantas untuk menjalani IVF inipun gratis untuk programnya, cukup mengeluarkan beberapa Swedish Kronor untuk kunjungan dokter dan obat- obatan dan itupun masih tergolong murah. Lantas ketika hamil ini, sama sekali gratis setiap kali berkunjung cek rutin di klinik terdekat. Bahkan beberapa klinik menawarkan beragam program, ada yang sepenuhnya gratis ato separuh harga. Saat memasuki kehamilan bulan ketujuh, bidanku menawarkan untuk daftar kursus melahirkan. Tanpa ragupun langsung aku cocokkan dengan jadwal libur Miku untuk daftar kursus tersebut. Kursus melahirkan ini cukup bermanfaat sekali buat kita yang pertama kali hamil gini.

Dalam kursus tersebut, kami mendapatkan banyak informasi tentang bagaimana proses melahirkan, tanda- tanda awal, obat- obatan yang mengurangi rasa sakit saat akan melahirkan, setelah melahirkan, apa saja yang perlu dibawa/ dipersiapkan, dll.

Sebelumnya sih aku juga udah dapet goodie bag dari bidanku yang isinya ada buku tentang kehamilan pertama, tapi kalo gak denger langsung, liat simulasi prosesnya kaya’nya kurang gimana gitu. Alhamdulillah di kursus ini dapet pencerahan yang membuka mata.

Mereka juga menyarankan agar menelepon ke rumah sakit saat rasa sakit sudah mulai rapat selangnya, ato jika merasa gak ada gerakan dalam rahim, ato jika mengalami banyak pendarahan. Kira- kira bukaan 6 pihak RS baru akan menerima si pasien, sebelumnya itu, siap- siap aja sakit hati disuruh pulang ke rumah *gak kebayang deh*. Sementara itu untuk mengurangi rasa sakit, mereka menawarkan akupuntur, gas, epidural dan beberapa obat lainnya.

Selain kursus ini juga ada kursus lain, seperti kursus menyusui dan profilaksis (bagaimana cara mengatur nafas). Di beberapa daerah kursus- kursus yang ditawarkan beragam dan gak bayar sama sekali, sedangkan aku yang termasuk tinggal di daerah Stockholm, yang gratis cuma kursus melahirkan ini. Sebagai bumil disini, banyak sekali keuntungannya, kita bisa register ke beberapa perusahaan untuk mendapatkan produk gratis untuk baby. Produk- produk tersebut antara lain botol susu, popok bayi, topi bayi, saputangan, beberapa kartu diskon di beberapa toko, dll.

Jadi kalo ada yang nanya, melahirkan dimana?? Tentunya di Swedia lah, gak pake bayar getoooo …

Advertisements

21 thoughts on “Kursus Melahirkan

  1. Hahahahaha aku juga kepikiran gitu. Dokter gratis, obat gratis, rumah sakit gratis, etc etc. Jelas milih disini lah yaaaa.. Aku juga baru dapet kiriman surat dari dokter suruh atur jadwal papsmear gratisssss.. Niat bgt dokternya ngirimin surat trs surih papsmear gratis pula. Enaknya tinggal di Eropa 🙂

  2. wah sampai ada kursusnya segala, itu kursus nya cuma bumil saja? kalau wanita biasa gak bisa ya? mksudnya yang gak hamil buat belajar-belajar…coba dekat dekat sini aku melipir ikutan kursus..

  3. Wah bukaan 6 cha? Tapi kita taunya gimana yaa? Hahaha.. Kl aku kmrn antara air ketuban udh pecah sama durasi kontraksi yg 5 menit sekali baru boleh ke RS.

    Waaah.. Ikut kursus gt jadi tambah deg2an ga Cha?

  4. asik banget yah cha.. walau pajak gede. tapi kesejahteraan masyarakatnya terjamin. eh iya.. disana kamu pake bahasa apa? inggris? *tiba2 gak penting gini nanyanya* hehehe. 😀

  5. Aku iriiiiii…
    Disini ngecek tensi sama BB aja bayar. Belum lagi kalo ngobrol panjang lebar, mintanya pun nggak pake ngitung. Begitu sebut angka, bumil langsung meringis.
    Dan, ayo kita pindah Swedia…

  6. Sama Cha, di Perth juga gitu seneng banget duit pajak yang kita setor bisa dipake buat gratisan lahiran dan posyandu. Etapi aku mo cari tau ah yg bagian register di prusahaan itu, kali2 dsini juga ada kekekekk…

  7. Wow.. Gratis? Enaknyaaa… Aku tiap kontrol beberapa lembar duit merah tuh melayang 😀 Soal kursus prenatal juga ada tapi ini tergantung RS-nya. Kalo RS bagus biasanya gratis sih kalo rutin kontrol di situ. Kemarin karena nggak ngerti nanti di bulan ke-7 bakal ada kursus gratis, aku ambil kursus di luar dan bayar sejuta lebih. Gpp-lah ilmunya setimpal, jadi lebih siap 🙂 *ini malah curcol di lapak orang* hahaha

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s