Swedish Brand in the World

Karena lagi gak punya bahan buat cerita jadi aku pengen memperkenalkan beberapa yang sangat Swedish yang mungkin sudah kalian pernah dengar namanya dan sudah mendunia.

Dari beberapa merk dagang tersebut, beberapa sudah tidak ada dipegang oleh perusahaan di negara Swedia, tapi masih lekat dalam ingatan orang karena asal mulanya dari Swedia. Ada pula beberapa yang dimulainya di Sweden tapi dibentuknya di negara lain.

Tanpa berpanjang- panjang lagi, yuk kita mulai telusuri!

  • Hennes and Mauritz, ato yang biasa dikenal dengan H&M, yang beberapa waktu lalu sudah dibuka di Indonesia.
  • IKEA, yang merupakan singkatan dari nama pendirinya, Ingvar Kamprad, Elmtaryd (sebuah desa dimana dia tumbuh besar), Agunnaryd (kampung halamannya di Småland, di Selatan Swedia). Ingvar Kamprad muda memulai usahanya dengan menjual korek api ke tetangganya dengan modal sepeda doank. Dan sekarang jadi IKEA yang terkenal dimana- mana dan berada dimana- mana.
  • ABBA, bukan merk, melainkan sebuah grup band jadul yang terkenal dan musiknya yang pasti udah kalian tau. Asal nama ABBA adalah gabungan dari nama para personilnya, Björn Ulvaeus,  Agnetha FältskogBenny Andersson dan Anni-Frid ”Frida” Lyngstad Lagu- lagu mereka dijadikan sebuah inspirasi dalam penggarapan film Mamma Mia! Dan beberapa bulan lalu ABBA juga membuka museum mereka di Stockholm.
  • Absolut Vodka, minuman golongan spirit yang berkadar alkohol tinggi ini diproduksi di dua pabrik di daerah Skåne. Dulu pas masih kerja di café, suka banget koleksi botol simpel ala Absolut ini. Eh gak nyangka ternyata itu pertanda jodohku ada di negara yang memproduksi miras satu ini. Dan sayang sekali pas ke Bali kemarin banyak sekali dijual Absolut Vodka ‘palsu’ di pinggir jalan, tapi yang minum bukan manusia, melainkan motor 😀
  • Oriflame, merk kosmetik yang ramah lingkungan dan gak dicoba ke hewan ini tumbuh besar di kancah internasional. Didirikan oleh kakak beradik Jonas af Jochnick dan Robert af Jochnick. Pernah waktu itu aku datang ke acara ulang tahun Oriflame yang kebetulan diadakan di Globen Arena, Stockholm, rame sekali karena semua member dari negara lain yang posisinya udah tinggi- tinggi pada datang juga kemari. Dan memang aku juga bisnis kecil- kecilan jualan Oriflame juga disini 😉 lumayan bisa bantu Miku.
  • SKF, Svenska Kullagerfabriken, ini merupakan merk yang banyak dipake di Indonesia. Tapi kemungkinan dari kalian yang gak banyak berkutat dengan mesin dan motor gak begitu paham. SKF merupakan perusahaan bearing yang meng-supply lubrikan, bearing, seals, maintenance products, dll. Aku juga taunya pas disini kalo SKF itu merk dari Swedia, dulu pas kerja di tambang, suka belanja merk SKF untuk bearing yang dipake di crusher.
  • Scania, merk mobil besar dan truk yang kebanyakan di Indonesia dipake di perusahaan untuk mengangkut hasil tambang atau alat- alat berat.
  • Volvo, merk mobil ini pasti kalian udah kenal kan yah. Demikian pula SAAB, yang Miku gak suka banget karena letak kunci starternya ada di samping driver’s seat.
  • Berikutnya adalah Ericsson, yang pernah merajai dunia per-telepon selurar-an dan kemudian bergabung dengan Sony dan akhirnya nama Ericsson sendiri lenyap tinggal sejarah. Yang aku ingat dulu dari Ericsson adalah handphone tangguh di segala medan warna oranye. Kini Ericsson masih melanjutkan perjuangannya di dunia telekomunikasi, ip networking, video system, dan semacamnya. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terbesar di Swedia.
  • Pirate Bay, para geek dan nerd mungkin sudah mengenal site ini. Ini merupakan site terbesar yang menimbulkan kontroversial karena melanggar copyright’s law di dunia maya. Pasalnya website ini merupakan website yang menyajikan berbagai file (bajakan) film, music, game, dll yang bisa didownload secara bebas.
  • Electrolux, sapa sih yang gak kenal merk alat- alat rumah tangga ini? Bahkan orang yang tinggal di pedalaman Kalimantan pun pake mesin cuci merk Electrolux. Jadi ingat dulu pernah jadi sales keliling Electrolux tapi cuma setengah hari doank, hahaha…
  • Tetrapak, di beberapa kemasan makanan seringkali kita dapati logo Tetrapak ini. Seringnya sih kemasan susu ato yoghurt.
  • Spotify dan Soundcloud, adalah aplikasi musik yang tumbuh besar dan akhirnya dikenal sebagai produk Swedish. Seperti Soundcloud yang sebenarnya dibentuk di Jerman, namun peluncurannya di Swedia. Sedangkan Spotify adalah sebuah aplikasi yang menurutku dibuat untuk menghindari pembajakan karya cipta seni.
  • Nobel Prize, sebuah penghargaan tahunan internasional yang diberikan dalam beberapa kategori sebagai kemajuan budaya dan ilmiah.

Itulah sedikit dari banyaknya merk yang menurut aku mendunia. Ada pula beberapa merk seperti Brio, Eniro, Acne Jeans, Filippa K, Hasselblad, Sandvik, SAS Group, dan lain- lain.

Kalo diantara kalian ada yang tau apalagi sih, diantaranya merk Swedish yang terkenal di seluruh dunia, boleh dunk nambahin. Sharing is charing ;), rite?

Advertisements

77 thoughts on “Swedish Brand in the World

  1. Lah iya, aku baru tau kalo Vodka dan Tetrapak itu dari Swedia. Ya oloooh, 3 bulan di sini ngapain aja yak! Daku sepertinya terisolasi ini di Karlskrona 😆

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s