Lava Cake

Bikin Lava Cake ini gampang- gampang susah. Gampangnya lagi kalo ada yang mbikinin kan.

Dalam hal bikin membikin kue, urusan aku serahkan sepenuhnya ke Miku dan kali ini aku bertugas sebagai penyuting video.

Langsung mari kita liat videonya yah 🙂

Udah pada liat kan videonya, keliatannya mudah banget kan yah, tapi asli agak susah loh, karena lama beberapa menit dikit di dalam oven, kuenya jadi gak kaya’ lava, yaitu mencair di bagian tengahnya, tapi bakalan keras semuanya. Pengalaman waktu itu kami gak cek timernya. Miku kira aku udah pasang timer dan juga aku sebaliknya. Jadi kemungkinan waktu itu udah lebih dari 10 menit di dalam oven 😦

 Oia berikut resepnya :

  • 170 gr dark chocolate, lelehkan,
  • 120 mentega, suhu ruang,
  • 70 gr gula pasir
  • 3 butir telur,
  • 5 sdm tepung terigu

Prosesnya langsung ikutin aja seperti yang ada di video yah (alias campur semua bahan). Yang gak bisa buka videonya, ini cara praktisnya :

  • Mentega campur dengan gula pasir dengan mixer.
  • Masukkan satu persatu telur sambil terus dimix.
  • Tuangkan lelehan coklat ke dalam adonan telur dan mentega, aduk dengan spatula (satu arah) sampai rata/ hingga adonan nampak mengkilat.
  • Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata.
  • Tuangkan adonan ke dalam cetakan/ ramekin yang sudah diolesi mentega sebelumnya.
  • Panggang di oven suhu 200 derajat sekitar 8 sampai 10 menit.
Lava Cake
Lava Cake, gagal!

Selamat mencoba dan jangan sampe kelamaan di oven yah, jadinya seperti foto diatas, coklat di bagian tengahnya kurang meleleh 😦

Terus kalo udah begini salah sapa coba? Salah gueee?!

74 thoughts on “Lava Cake

  1. salah siapa coba? salah gue? salah temen-temen gue? salah bokap nyokap gue..hehe

    pinter ya mba mas miku bikin kue.. suamiku mah pinter makannya doang.. sama dengan diriku 😆

  2. Kelihatannya sih gampang yah? Tapi itu susyaaahh buat yg hampir2 gak pernah bikin kue..hahah *nunjuk diri sendiri*.. Bagii doongg om Miku kuenyaa 😀

  3. Cha bisa ditambah tengahnya sama coklat batang yg dipotong kasar, buatnya di tempat yg kecil2 , kelihtan deh lavanya…
    Eeeh kalau malas mah teteh beli yg jadi itu yg merk Outker tinggal campur panggang hehe…:D
    Gagal juga tetep yummy khan Cha.. temen minum kupi 🙂

    1. Susah teh kalo adonan ini dikasih coklat tengahnya, soalnya adonannya cair banget. Tapi jadi pengen bikin brownies pake coklat melted di tengah deeeeh

  4. mba chaaaa!!!! kemaren adalah percobaan lava cake keduaku setelah yang pertama gagal. Lalu percobaan kedua berhasil? cencuuuunya TIDAK!!! hikksss…nunggu adikku dateng ahh .aku musti praktek bareng orang yang udah bisa… 😦

  5. Btw, dulu pernah bikin lava cake yang resepnya mirip2, jadi baking-nya gak lama biar tengahnya masih cair, Aku sih telen2 aja, tapi mamaku gak mau makan karena menurut dia kalau masih cair2 gitu, berarti telornya ga mateng :))

    Btw, keren deh dibuatin video-nya gitu :D, menunggu recipe selanjutnya, ya :).

    1. Hihi, iya ya, kalo ortu pasti maunya kue yang jelas2… kalo yang model2 begini pasti dikomenin deh, yang lembek lah, inilah, itulah…
      Aku udah beberapa kali loh bikin resepnya divideoin Man 😀

  6. klo aku bikin lava cake ada rasa menegangkan…hehehe
    entah cakenya dah matang atau belum, atau isian coklatnya jd mengeras krn kelamaan dioven…
    makanya cara paling aman emang dikukus mbak, klo kelamaan coklatnya gak terkaramelisasi n jd keras…

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s