Apel Dalam Lautan Lumpur

Ini enak sekali rasanya… ! Dan dijamin bikin nagih.

Bukannya njatohin apel ke dalam lumpur beneran trus dimakan, bukaaaan … bukan begitu maksudku. Tapi akan aku tunjukkin ke kalian gimana caranya supaya apel ini bisa enak dimakan. Tapi … ng-intro dulu as usual dunk yah 😀

Aku kera Ngalam yang notabene dekat dengan kota apel, Batu sebenarnya gak suka suka banget yang namanya apel. Tapi kalo si apel ini udah diolah, jadi selai, keripik, cupcake, roti, dodol dan lain sebagainya ya langsung deh tinggal nama itu si apelnya. Entah kenapa kalo makan buah apel tuh rasanya tenggorokan gatel dan bawaannya batuk batuk aja gitu. Padahal ada kan tuh obat batuk anak dengan rasa apel.

Nah, karena kemarin pengeeen banget yang namanya apel *liat di bench swalayan* Tuh apel pada sexy- sexy mlenos- mlenos *kata orang Jawa mah*, jadilah aku kalap langsung ambil apel- apel itu. Dan kemudian sampe rumah dianggurin sodaraaaah! Diliatin dengan termangu, mau diapain si apel ini yah? Secara Miku ini juga ternyata bukan orang yang demen- demen banget ama buah- buahan. Finally, beberapa buah apel lewat deh dipake untuk green smoothie *lagi suka ngejus buah dan sayur nih!* diajarin maminya Bazyl.

Dan beberapa buah lagi masih ngangkang dengan indahnya di meja makan. Hmmm … mari kita perkosa saja si apel ini! *Oups, kata- katanya* Maklum kalo lagi puasa gini suka gak tahan bawaannya. Looh!?!

Nah sekarang simak kisah apelnya yah 😀

Bahan- bahan yang diperlukan adalah :

  • 2 buah apel hijau, pake yang ijo yah…. jadi gak terlalu manis dan lembek
  • 1 pak puff pastry instan, potong segitiga (8 lembar segitiga)
  • 225 gr margarin, lelehkan
  • 300 gr gula pasir
  • 1 sdm kayu manis bubuk
  • 1 kaleng sprite (minuman berkarbonat dengan rasa jeruk nipis)
  • 2 sdm jus jeruk nipis/ lemon (sesuai selera)

Cara membuat :

Apple in the mud
Apple in the mud
  1. Persiapkan oven . Panaskan oven di suhu 175 derajat Celcius. Lumuri loyang (aku pake pyrex) 9 x 13 cm.
  2. Potong- potong apel menjadi 8 bagian.
  3. Gulung setiap apel dalam lembaran puff pastry. Letakkan dan tata sedemikian rupa di loyang.
  4. Campurkan margarin, gula dan kayu manis dalam sebuah mangkuk dan aduk rata. Tuangkan sprite kemudian aduk sebentar.
  5. Tuangkan campuran no. 4 ke dalam loyang yang sudah berisi apple dumpling tadi.
  6. Panggang dalam oven hingga kulit atas tampak coklat, sekitar 45 sampai 50 menit.
  7. Sajikan dengan es krim selagi apel dumplingnya masih panas.
Dumpling Apple
Dumpling Apple
Ready to serve
Ready to serve
Ready to eat

Ya, hidangan ini enaknya emang dinikmati selagi panas tapi pake es krim vanilla. Jadi kebayang dunk sensasi panas dinginnya di mulut. Tapi emang asli enak banget daripada dimakan saat dingin. Kenapa aku sebut apel dalam lautan lumpur? Karena sirup (gula, kayu manis dan sprite)-nya saat sebelum dipanggang itu kaya’ lumpur 😀

Tapi suka- suka aku dunk mau namain resep ini apa, ya kan …?

Dan pasti tau kan yah, kalo yang simpel- simpel gitu sapa yang bikin ? pastinya sih Cha … keeeeep! Chaaaa….ntiiiiiik 😛 . Halah, kebanyakan narsis deeeh 😀

minum jus dulu !
minum jus dulu !

Jadi selamat mencoba resep ini buat buka puasa ya guys!

Advertisements

95 thoughts on “Apel Dalam Lautan Lumpur

  1. Nyam nyam nyaaaaam… Enak banget gitu keknya.

    Owalah, arek Malang tah? Tanggal 19 nanti mau tugas dinas ke Malang selama sepekan, nih. Ada ide makan apelnya di mana? Hwehe.

    Paling suka buah pisang dan apel. Bisa gak itu lumpurnya dimasukin pisang juga?

    1. oyi sam , uka kera ngalam 🙂
      tapi sayang udh ninggalin Malang sejak lama, jd gaktau dimana2 nya tempat kuliner di Malang 😀
      kl pisang kurang greget deh, mendingan pake nanas , lebih mantabh

  2. pengen nyoba tapi ga punya oven hahahaha… keliatan enak cha…

    waktu itu aku ke malang trus beli keripik apel, enak loh… ampe beli 3 bungkus kalo ga salah hehehehe… dan itu pertama kalinya makan keripik apel hehehehe…

    1. puff pastry itu kaya adonan lembaran yang biasa dipake kalo mw buat croissant itu loh Non 🙂
      biasanya ada jual instan gt, soalnya rada susah bikin puff pastry sendiri 😦

  3. Eeeaaaa itu rasa manisnya gak semanis yg buat kan yaaaa :/

    Btw cha ini ky semacam apple strudle gitu ya secara ada kayu manisnya. Gampil ya resepnya.cobaaa aaahh mumpung ada apelll….eeeeetapiiii gak punya oveeeen cha?? Piyeee??? Ada cara lain kah?? ( rempong deh nis dah jls2 situ resepnya ya pake oven ) -_-

    1. Kalo gak ada oven pake tungku, hahahahaha … Mgk bs dimikro ya nis, tp harus lebih lama dunk:( ah cari aman aja deh, beli oven 😉
      Tentu saja masih manisan yang bikin 😉 moahaahahahaha …

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s