Brahehus, Swedia

#Latepost

Dalam perjalanan keluar kota, nemenin Miku yang lagi dinas luar ke kota kecil Ljungby, kami sengaja mampir ke sebuah tempat yang merupakan indah banget. Reruntuhan bangunan ini dijadikan tempat wisata dan tempat istirahat di pinggiran jalan yang menghubungkan antara Stockholm dan Helsingborg. Berikut sedikit sejarah tentang bangunan ini dan tak lupa (pastinya) poto- potonya.

Brahehus adalah reruntuhan bangunan yang terletak di pinggiran jalan jalur E4 highway Vätterleden, 3 kilometer arah utara Gränna. Reruntuhan bangunan ini tepatnya di Gränna socken di Jönköping di Småland.

Brahehus
Brahehus
Brahehus
Brahehus

Per Brahe mendirikan Brahehus ini sejak tahun 1637 namun pembangunan ini tidak selesai sebelum pertengahan tahun 1650-an.  Pembangunannya sempat terhambat oleh material yang sebagian besar adalah batu yang harus dibawa naik ke gunung yang curam.

Cowok disamping di foto itu bukan Per Brahe looh ...!
Cowok disamping di foto itu bukan Per Brahe looh …!
Bangunan berbatu
Bangunan berbatu
Dulunya adalah ruangan- ruangan di rumah mewah itu
Dulunya adalah ruangan- ruangan di rumah mewah itu

156b

Awalnya Brahehus ini dimaksudkan sebagai jointure untuk istrinya Kristina Katarina Stenbock, tapi karena sang istri meninggal tahun 1650 maka bangunan tersebut beralih fungsi untuk akomodasi tamu- tamunya.

Saat pembangunan tersebut selesai didirikan dengan satu bangunan utama di bukit menuju Vättern dan 2 tower segiempat . Dari Brahehus ini kita bisa melihat pemandangan yang luas meliputi Vättern, Visingsö dan Gränna.

View dari dalam Brahehus
View dari dalam Brahehus

Setelah kematian Per Brahes tahun 1680 Brahehus ini dikosongkan dan setelah itu ditarik oleh pemerintahan lokal Kronan dibawah pemerintahan Karl XI. Saat musim gugur tahun 1708 terjadi sebuah kebakaran di desa tetangga Uppgränna dan api menyebar ke Brahehus yang meluluh lantakkan bangunan hingga habis.

View dari samping Brahehus
View dari samping Brahehus

Brahehus terletak di ketinggian 270 meter diatas laut, 180 meter diatas Vättern, dimana kita bisa melihat perbedaan ketinggian sungai terbesar atau lautan dengan pemandangan yang sama di Swedia.

View ke laut dari dalam bangunan
View ke laut dari dalam bangunan
Serasa liat miniatur perumahan
Serasa liat miniatur perumahan

Jadi sekian pelajaran sejarah kali ini, sampai jumpa di lain waktu dan kesempatan 😉

Maaf kalo sebelumnya akhir- akhir ini sepertinya borongan nulis di blog. Ini karena emang banyak banget yang mau dishare dan karena sebentar lagi udah mau mudik yang bakal gak ngeblog sementara waktu. Tapi mudah- mudahan aja sih waktu dan internetnya mendukung yah!
Advertisements

77 thoughts on “Brahehus, Swedia

      1. iyaa kayak lukisan, seger banget mata ngeliatnya. btw itu gedung brahehusnya bisa dimasuki sesuka hati ya mba? atau jadi kayak tempat wisata yang ada entrance feenya gitu?

    1. hehehe , itu juga baru dapet langsung dipamerin aja gitu mbak 😀 minionnya diajakin narsis 😀
      Pemandangannya ajib banget mbak … aslinya emang udah keren …

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s