Lumpia Vietnam dengan Saus Nuoc Cham

Saat mengadakan pesta ultah kecil- kecilan Miku kemarin aku kan bikin fresh lumpia yang disini lebih dikenal dengan sebutan Lumpia Vietnam. Jangan tanya aku kenapa dinamakan begitu, langsung tanya aja sama yang menamakannya begitu. Mau protes juga silahkan, tapi jangan sama akuuuuh?!! Gaya amat yah… abis minum Teh Taiwan sekarang makan Lumpia Vietnam, hahahaha…

Sebetulnya untuk resep Lumpia Vietnam ini udah pernah aku tulis tapi pake bahasa Swedia, sok- sokan ceritanya gitu.  Kali ini aku mau kasih bocoran sedikit untuk resepnya dalam bahasa Indonesia. Simak yaaah!

Bahan- bahannya :

  • 20 lembar rice papper ukuran sedang,
  • 100 gram bihun,
  • 2 siung bawang putih, keprek,
  • Sejumput garam dan merica,
  • 3 sdm minyak zaitun.

Bahan isian :

  • 50 gram daun mint, cincang kasar,
  • 100 gram daun salad, iris setengah bagian,
  • 2 buah timun, buang bijinya, iris julienne,
  • 3 buah wortel, iris julienne juga,
  • 5 buah tahu goreng setengah mateng, potong dadu (dan) atau,
  • 100 gram udang rebus, potong menjadi dua bagian di tengahnya (dan) atau,
  • 100 gram mangga setengah masak, potong lebar tipis memanjang,

Cara membuat :

  1. Pertama siapkan bihun dahulu. Rendam dalam air hangat kurang lebih selama 3 menit. Tiriskan dan guyur dengan air dingin supaya tidak menggumpal. Tuangkan minyak zaitun,  bawang putih, garam dan merica lantas aduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Siapkan air hangat di piring lebar (yang cukup untuk merendam rice papper).
  3. Rendam sebentar rice papper (kira- kira 30 detik sampai  1 menit). Angkat letakkan di piring proses, isi dengan bihun dan bahan isian. Lipat seperti cara melipat lumpia.
  4. Sajikan dengan saus Nuoc Cham (resep di bawah).
Lumpia Vietnam

Lumpia Vietnam

Untuk resep saus Nuoc Chamnya ini cukup mudah sekali, asli gak usah pake acara memasak apapun.

Bahan- bahannya :

  • 2 siung bawang putih, cincang halus,
  • 4 sdm kecap ikan,
  • 4 sdm kecap asin,
  • 25 gram gula merah, larutkan dengan air hangat,
  • 1 buah jeruk nipis,
  • 2 biji cabe rawit (sesuai selera)
  • 200 ml air.

Cara membuat cukup campurkan semua bahan, aduk hingga rata, cicipi kalo ada rasa yang kurang di lidah cukup tambahkan sesuai selera.

Hidangkan fresh dari dapur, karena kalo dibiarkan agak lama, kulit dari lumpia ini akan mengeras kaya’ karet. Tapi untuk mengakalinya bisa dengan cara menyemprotkan air dingin dan didiamkan beberapa saat sebelum dihidangkan.

Selamat mencobaaaa!

#Rice papper bisa dibeli di toko china, bentuknya seperti kulit lumpia, ada yang bulat ada juga yang kotak. Transparan seperti bihun.
#Julienne : teknik memotong dalam kuliner yaitu memotong seperti batang korek api, panjang dan kurus. Biasa juga disebut shoe string.
Advertisements

80 thoughts on “Lumpia Vietnam dengan Saus Nuoc Cham

  1. Nyam nyam nyam..coba ah ntar …after slesei puasa tapinya huehehehe klo lg puasa masak kurang puasss gak bisa nyicip2 soale,ngikkkk… :/

  2. Aku sangat sangat ga suka makanan vietnam. Waktu kesana trip tiga hari rasanya kelaparaaann trus abis smua sup dia bau cilantro. Makanya waktu itu bahagia banget waktu nemu lumpia ini!!! Satu2nya yang bisa ketelen!!! Dan memang enaaakkkk! :p

  3. kayaknya enak, jadi pengen.. smoga bisa bikinnya.. takutnya saya coba memasak lumpia vietnam, jadinya perkedel jawa. hehe 🙂
    salam kenal mbak cha..
    nice blog

    • Iiih, jadi ma(l)u sayaaah dipuji begitu …. 😀
      Iya coba aja pake mangga, tapi jangan mangga yang terlalu mateng, yang agak mengkal jadi ada asem2nya dikit 🙂

  4. Entah knapa kayaknya tanganku kurang cocok sama rice papper,
    ain’t got a single serving without tearing the rice paper wrap…
    mulai dr yg plg mahal sampe yg paling murah sama aja, gampang sobek..
    btw, rice papernya pke merk apa???

  5. aku gak cucok sama makanan Vietnam, Cha. Dan pas nyoba si lumpia vietnam ini lidahku juga awalnnya kageet sama rasanya, padahal makan pho nya juga harusnya udah tau ya rasanya gak cucok sama lidahku. Tapiiii aku berusaha ngehabisin waktu itu, (sayang bow) dan sambil mikiri isinya kan sehat semua nih. eh sekarang jadi suka.
    Itu lumpiamu cakep deh, macam yang di resto

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s