Miku puasa (?)

Tahun ini adalah kali kedua aku berpuasa di Swedia. Seperti yang mungkin udah kalian ketahui, kalo lama jam puasa di Swedia ini gila- gilaan. Bisa sampe 20 jam! Apa gak pingsan itu kalo ngebayanginnya yah. Tapi bagusnya dijalanin aja daripada dibayangin, ya kan?!

Bagaimana Ramadhan di Swedia itu?

Hmmm… sebetulnya sih gak banyak bedanya ama bulan- bulan lain. Di daerah tempatku tinggal sih banyak banget yang imigran muslim. Tapi beda ilalang beda belalang bukan? Jadi Ramadhan yang aku rasakan disini sangatlah berbeda sekali. Kalo di Indonesia mendadak banyak haji jadi- jadian (pake peci dan sarung), banyak muslimah musiman (yang pake baju muslim dan jilbab kalo pas Ramadhan doank, seperti aku waktu itu). Dan juga banyak pasar kaget yang lumayan bikin macet 🙂

Tahun ini aku sahur paling lambat jam 2 pagi (karena jam 2 pagi udah masuk Subuh) dan berbuka puasa sekitar jam 10-an malam, tapi tiap hari maju beberapa menit, jadi lumayan enteng lah. Karena jamnya seperti itu jadi sholatnya pun marathon deh, abis buka puasa langsung sholat maghrib, setelah itu sholat isya dan ‘belajar sholat tarawih’ kemudian witir. Karena gak mungkin dunk aku sholat di masjid yang mayoritas (bahkan semua) isinya laki- laki di tengah malam. Kalo mau nekad sih bisa aja, tapi sampe di masjid trus gak ada ceweknya piye? Rasanya tuh masjid cuma buat cowok aja deh 😦

Keseringan aku gak makan sahur, cuma nyemil kue ato minum jus aja. Karena kebayang kan jam 10 baru buka puasa, pas mau tidur jam 2 harus sahur, masih penuh pak perutnyaaaa… Yang kasian sih Miku yah, karena baru jam 2 tidur tapi harus kerja jam 8 pagi, jadinya aku suruh dia tidur duluan aja.

Makin banyak godaan makin banyak pahala

Hahaha… kalo begini ceritanya sih nongkrong aja di mall. Tahan nafsu dari ngeliat orang- orang yang berpakaian seksi. Nahan ngeces kalo pas lewat foodcourt di mall. Tapi gak lah, mending di rumah aja, lemes begini. Mana panas pula. Coba’aaaaan!

Dan memang cobaan- cobaan itu pas keluar rumah. Ceritanya wiken kemarin aku dan Miku belanja isi kulkas. Setelah pulang dari belanja, ngeliat sale dunk. Dan nafsu aja pengen belanja dan ikutan antri yang panjangnya kaya ular naga. Tapi puasa itu termasuk menahan nafsu belanja juga gak yah? Karena barang- barang yang disale udah dirampok emak- emak itu jadinya aku nyusul Miku ke Espresso yang sedari tadi merengek minta Frappé. Pas dia ngerengek ini sebetulnya batal mau beli dan cus pulang, tapi karena aku belok liat sale jadinya dia ikutan belok ke Espresso. Kata Miku dia gak akan beli kalo aku gak liat sale katanya mau menghormati aku yang lagi puasa. Iiiih Darmi…. so sweet deeeeh! Jadi makin love you mwuach.. mwuach deeeh! Tapi gak nemu barang yang aku pengenin jadinya nongkrong dan ngeces liatin Miku lagi menikmati Frappé dan Cinnamon Bunnya 😦

Fika

Fika

Inilah si penggoda iman itu. Tapi yunowat kata Miku? Nä men älskling, du puasa, får inte makan eller minum. Det är några timmar kvar. Yang artinya : Tapi sayang, kamu puasa, gak boleh makan ato minum. Tinggal beberapa jam lagi. Oia kalo pada nanya Miku kenapa gak ikutan puasa? Jadi … di tanggal 10 kemarin itu (hari kedua puasa) dia ikutan puasa. Tadinya aku bilang “gak papa puasa bedug aja. Nanti sekitar Dhuhur makan, trus puasa lagi sampe Maghrib”, tapi dia bilang “gak mau ah, kalo emang niat puasa ya udah puasa penuh aja”. Ya wes kalo gitu sak karepmu, tak!

Dan hari itu, Miku jadi sering nge- WA

Jam 12.00

M : “Älskling, aku lapar!”

C : Oh … ta lunch då (makan siang lah)!

M : Men jag fastar (Tapi aku puasa)

C : Oh fortfarande (masih) ?

M : Ja.. jag forsätter (Ya, aku lanjutin)

Jam 14.00

M : Får jag tugga tuggumi (boleh gak aku makan permen karet)? Eller de ingår makan (ato itu termasuk makanan)?

C : Japp, det är makanan, när man fasta får man inte stoppa nåt i munnen (Ya, itu makanan, kalo orang puasa itu gak boleh memasukkan sesuatu ke mulut) 😀

M : Jag inte lapar faktisk, mest törstig (Aku gak laper sebetulnya tapi haus)

Jam 17.00

M : Suami kan inte gå … jag är svag (Suami gak bisa jalan, aku lemes)

C : #ketawa ngakak *istri kurang ajar*

M : Lite yr hela dagen utan kaffe  (sedikit pusing seharian tanpa minum kopi)

Pas sampe di rumah aku tanyain apa Miku mau puasa lagi besoknya. Dia bilang gak dulu, nanti ajah kalo pas libur, lagian di kerjaan lagi banyak tugas. Akupun gak mau maksain, apalagi puasa dengan waktu yang selama ini.  Aku aja kadang gak kuat, untungnya aja gak banyak kegiatan luar. Tapi setidaknya Miku tau bagaimana rasanya puasa. Bagaimana rasanya menjadi orang- orang yang gak mampu diluar sana menahan rasa lapar dan dahaga setiap hari di sepanjang hidupnya.

Yang berpuasa tetap semangat yah … demi tiket masuk surga 😀

Cha- Miku

Cha- Miku (bukan kaya’ pak haji malah kaya’ sailorman)

Selamat melanjutkan ibadah puasa!

Postingan ini disertakan untuk First Giveawaynya Endah , makanya Ayo ikutan First Giveaway: Momen Ramadhan!

Sapa tau dapet kerudung juga 😉

Advertisements

114 thoughts on “Miku puasa (?)

  1. Lama bgt buka puasanya,jam 10 mah udah ngantuk yg ada nggak jadi buka malah bubu lagi dah,hihi… tp brati tarawihnya tengah malam yak? Skalian shalat malam kali yak mbak?

  2. salut buat miku! moga2 bisa semakin banyak hari2 puasanya ya…
    emang berat banget pastinya ya. apalagi kalo 20 jam puasa. gak minumnya itu lho yang pasti sengsara…

  3. alhamdulillah ya cha miku mau diajakin puasa 🙂

    gak ngikutinin waktu mekah aja apa cha?

    http://www.islamicfinder.org/prayerPrintableHijri.php?city2=makkah&state=14&id=19313&country2=saudi_arabia&zipcode=&timez=3.00&dayl=0&longi=39.8300&lati=21.4200&dayLight=0&pmethod=4&HanfiShafi=1&dhuhrInterval=1&maghribInterval=1&prayerCustomize=&fajrTwilight=0&ishaTwilight=0&ishaInterval=0&monthHijri=9&yearHijri=1434&state_display=Makkah&lang=

    spy konsistens waktu mekah ini gak dipake cuma pas puasa aja tapi utk keperluan ibadah sepanjang tahun.

    buat perbandingan aja coba cek deh cha gimana kira2 jadwal sholat dan puasa di stockholm kalau jatuhnya bulan desember/januari.

    salam
    /kayka

    • Iya mbak, emang sih dalam 3-4 tahun yg akan datang waktunya bakal levih pendek 🙂
      Aku ngikutin waktu yg ditetapkan muslim di Swedia juga sih mbak 🙂 yg sama ama islamic finder waktu Stockholm

  4. 20 jam????!!!!

    Oh…. tuhan…..

    Banyak juga cobaannya ya? apalagi lg klo d sna lg musim panas….. pemandangan kayaknya juga panasa tuh,,, hehe 🙂 bener-benerlah kalau mampu lewatin itu semua, insha allah prediket takwa sudah ada di tangan … 🙂

  5. Omg …. itu puasa 20 jam, rasa nya pasti ancur2an kalo gw. Bawaan nya pasti pingin murka nahan aus nya.

    Mudah2an Miku nya lanjut belajar puasa yaaa hehehe, biar bisa jadi islam sesungguh nya hahahah

  6. Wah kukira uah si Matt yang berat puasanya di Medan yang panas udaranya dan panasan pula orangnya. Tapi 20 jaaaaaam…..ganbatte ya Miku!!
    Hahahaha ngakak di foto ‘sailor man’

  7. Hahaha sama laah..
    Gue udah tahun kedua puasaaaa sambil menyusui doeng doeeng hahahaha..
    Dulu pas masih sekolah kan masih single ya, blom kawin, apalg beranak dan breastfeeding. Skrg baru kerasa puasa 19 jam dan kadang lupa sahur, trus harus kerja, beberes rumah dan masih nyusuin anak huhuuu..
    Smangat kita cha hahahah salam buat Miku yaa, semangaaat 😀 😀

  8. emang berat kl puasa pas sampai musim panas spt ini ya mbak, kl winter sih enak, lbh pendek malah dr yg di tanah air 🙂

    Good luck ya buat GA nya 😛

  9. 20 jaaammm…? Subhanallah!
    Moga2 makin banyak pahalanya ya, Cha… 🙂
    Aku sejak punya buntut jg nggak pernah tarawih di mesjid, kok. Habis itu krucils kan nggak bisa ditinggal2…
    Btw, itu foto kapan tuh? Lucu kaliiiiii….! 😀

  10. Super lama ya puasanya sampai 20 jam, Pascal bilang untung aku puasanya di Indonesia hehehe gara2 dia lihat di tv puasa di eropa lebih lama dari Indonesia

  11. 20 jam puasa? subhanallah.. berat yah mba.. tapi semangaaaaat yaah..
    akhirnya pertanyaanku ttg mas miku puasa atau enggak terjawab.. hehe..

    • Ya 20 jam, tapi tiap hari maju satu menit, satu menit … Tetap semangaaat!
      Miku puasanya aku gak mau paksain, seikhlasnya dia aja, kasian juga ntar anak orang pingsan di tengah jalan , ya kaaaan?!

  12. Keren.. Makanya sering Py ledekin nih temen2 kantor yg pasang muka lemes ;p yg di yurop aja bisa puasa 20 jam masa cuman 13 jam aja ga bisa :p Moga lanjut terus puasanya sampe idul fitri :p

  13. Dapet salam dari summer ya bok. Miku puasanya nunggu ramadhan pas winter aja. Kan enak tuh, singkat. Hhhehehhe. Gw lgs kurus kali ya kalo puasa disana 🙂

  14. selamat puasa..
    lama banget dari jam 2 sampe jam 10 malem, 20 jam itu 3/4 hari donk..
    enaknya puasa pas winter, di sini aku puasa cuma 12 jam, subuh jam 5 lewat, magrib jam 5.15 xixi

  15. Cha kalau sholat Maghrib langsung ‘jama saja dengan Isya…teteh juga sama dengan Cha, puasanya dr jam 2 sampai jam 21:30-an… semangaaat… in-Shaa-Allah diringankan, anak2 teteh semua eh yang gadis2 juga puasa sampai Maghrib Alhamdulillah….. pdhl mereka juga sekolah dan belum liburan.

  16. Bubu juga puasanya kadang ½ hari makan trus lanjut lagi.. tapi masih sering bolong2 sih.. istrinya yang kesian liatnya harus langsung belajar 18-20 jam puasa gitu..

    Semoga lancar terus ya Cha puasanya.. tahun depan kayaknya masih sama ya waktunya? Jadi inget orang2 di Kiruna.. 24 poll puasa.. -__-“

  17. wooww 20 jam? Beruntung banget kita tinggal di Indonesia yg punya waktu sholat stabil (maksudnya gak banyak berubah)
    Etapi dg puasa selama 20 jam itu Insya Allah akan ada ganjarannya sendiri.
    Semangat ya Cha…demi tiket ke surga 🙂

    • Iya mbak, ini td masih kenyang berbuka udh mau sahur ajah 😦 makanya keseringan gak makan saur deh 😦
      demi Allah deh , demi tiket surga 🙂
      Mbak dwi juga semangat yaaa:)

  18. Aku pernah denger kalo di Swedia waktu puasanya lama bange, tapi ga pernah tau kenapa. Jadi kalo di sana jam 3 tuh udah subuh dan maghribnya baru jam 10 malem? Wew… Kalo aku ga bakal kuat deh.. Apalagi sholatnya marathon gitu. Ternyata hidup di negeri asing juga berat dalam hal-hal seperti ini ya.

    • Karena jamnya umat islam kan berdasarkan matahari, nah karena swedia letaknya di utara matahari musim panas lebih lama tp pas musim dingin sebentar doank munculnya 🙂
      Tapi kl nanti jatuhnya ramadhan pas musim dingin, waktu puasanya juga sebentar kok, skrg ini lg diuji

    • Tadinya sih ngebayanginnya ngeri…
      Tapi kalo udah dijalanin bisa aja kok mbak 🙂
      Aku juga kaget tuh mbak waktu Miku nanya ttg permen karet itu, hahaha … 😛

  19. Halloo.. salam kenal mbak Cha. Aku baru aja jadi followermu dan langsung ngakak-ngakak baca postingan di sini. Lucuuu.. Btw, Darmi itu singkatan Darling Miku ya hihi.. Jadi kayak nama Jawa deh. >,<

  20. ooo gitu ya *baca penjelasan waktu berdasar matahari di atas*
    Gw tadinya juga mau nanya kenapa jam puasanya bisa 20 jam hehehe. Selamat menjalankan ibadah puasa yaa 😀

  21. 20 jam ya? hebat deh Cha….
    cm boleh gak puasa dalam 4 jam? wow….perjuangannya hebat sekaliiii……

    ooo tapi ini karena musim panas ya….. syukurlah Ramadhan terus maju ya, suatu saat bisa tuh musim yang lain yaa…

  22. Ebuserttt lamaa banget ya cha durasi waktu puasa sana huehehe, salut buat miku yg niat ngejalanin usaha puasanya. Smoga puasa kalian berdua lancar jaya ya chaa… *peyuuukk*

  23. Temenku yg di Glasgow juga ngeluh puasanya 19 jam hehehe. Tapi salut ya buat Miku, dengan jujur bilang nggak kuat puasa. Dan masih mau terus ketika dia sebenernya udah nggak kuat hehehe.. Semangat Mbak Cha, tinggal 17 hari lagi 😆

  24. Wow 20 jam! Ckckck..saya ngebayangin siklusnya begini, sahur-buka puasa-tarawih-tadarrus-sahur lagi. Mepet banget ya? Apalagi jomblo mandiri…. 🙂

  25. Pingback: Off to 2014 | Cha in Hate 'n Love

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s