Transportasi di Stockholm

Sebagai warga Stockholm dan gak punya kendaraan sendiri, yang ada kemana- mana selalu pake si ular biru. Ular biru ini kami sebut Tunnelbana aka T-Bana ato bahasa prokemnya itu tuben. Tapi tuben ini bukan cuma satu- satunya alat transportasi di Stockholm, karena ada bus dan kereta dengan sebutan lain.

  • Pendeltåg (komuter), merupakan kereta lokal yang beroperasi di kota metropolitan dan daerah sekitarnya. Kereta seperti ini beroperasi di Stockholm, Göteborg dan Malmö, juga di beberapa daerah lokal dan regional.
  • Tvärbanan, tvär disini artinya melintang, jadi maksudnya itu keretanya lewat melintang dari trafik, kereta ini penghubung antara Stockholm komuter dan tuben.
  • Spårvagn (trem), rute trem ini kebanyakan ke daerah tempat wisata.
credit SL

credit SL

Selain itu bisa juga naik bus yang menjangkau daerah- daerah yang agak jauh dari keramaian.

Untuk naik public transportation seperti ini cukup hanya dengan satu kartu! Yaaay! Kecuali taksi yah, kalo taksi sih harus bayar, udah gitu mahal banget lagi 😦

Kartu ini harganya beragam, sesuai dengan kebutuhan dan usia. Bisa untuk sehari, 3 hari, seminggu, sebulan ato setahun sekalian. Harga sekitar 25 SEK/sekali pergi doank (sekitar 37,800 IDR) sampe 8300 SEK (sekitar 12,600 ribu IDR) per tahun. Harga kartu ini per bulan ato per tahun juga bisa beragam, untuk pensiunan ato pelajar bisa lebih murah, untuk orang kantoran juga bisa beda lagi jika beli dari kantor. Buat turis beda lagi loh harganya, lebih murah sih tapi rutenya ya untuk ke daerah- daerah wisata doank.

Kereta disini adalah alat transportasi sejuta umat deh, disamping tepat waktu, bersih, aman dan nyaman gitu deh.

Tepat waktu, kalo telat pasti ada bus pengganti untuk para penumpangnya. Bersih karena emang tiap hari dibersihin, penumpang juga taat dan sadar banget ama kebersihan. Aman dan nyaman karena setiap kali ada petugas yang patroli, di setiap sudut juga ada kamera cctv. Tapi belakangan ini ada juga pengemis yang keliling di beberapa stasiun dan masuk dalam kereta 😦 Nyebelin deh!

Inilah penampakan tuben 🙂

153a

Kereta

153e

Lorong dalam kereta

seatnya bersih

seatnya bersih

Lobi

Lobi

Kungsträdgården Station

Kungsträdgården Station

Di setiap stasiun tunnelbana dicat bertema beragam gitu deh, gambar diatas ini adalah stasiun di pusat kota. Banyak sekali patung- patung dan pahatan di dinding. Sayang sekali tempatnya agak remang- remang dan sejuk banget 🙂 Selain itu karena line keretaku warnanya biru yang berarti di paling bawah sekali, jadinya kalo ke kota yang namanya eskalator itu tinggi dan panjang sekali.

eskalator yang tinggi itu

eskalator yang tinggi itu

Suka ngeri sendiri kalo naik eskalator ini, tapi gak ngeri dunk naik tuben 🙂

Yuk mari temans! Kita keliling Stockholm! 😀

Advertisements

37 thoughts on “Transportasi di Stockholm

  1. Cakep ih keretanya, kalo naik kereta begni mah pada semangat kali ya, gak deg degan kayak di sini.
    Pengemisnya begitu minta minta macam di sini juga, Cha? Atau cuma menggelandang gak jelas tapi bikin kita waswas gitu?

  2. Halo Mbak Fascha salam kenal.. ihiw seneng deh ketemu orang Indonesia lain di Eropa.. 😀
    Pingiiin banget ke Stockholm, soalnya kayaknya suhunya lebih adem dibandingin Italy Selatan yang lagi super panas ini..

  3. Hallooo cha,

    Akhirnya nemu lagi link blog lo, stelah skian lama absen ngeblog n blogwalking. Trus pas mau baca blog lo lupaakk linknya apaan cari sana-i n blogwalking akhirnya ketemu dan udah banyak postingan huehuehue.

    Dulu cuma jd silent reader aja. Gak PD drop comment sayaahh abisnya jarang update blog n yg comment jg blogger2 yg oke!! Sekarang mau kenalan biar bisa saling say hai.

    Seneng banget baca cerita2 disini ada beberapa yg sampai gue tulis dinote buat jd referensi yaahh sapatau ada rejeki kesampain main2 ke sweden. Amiinnn ( entah kapan tapinyaaa yaaaa )

    Yowes deh segitu dulu . Once again salam kenal cha.

    Toodles,
    Nisa

    • Hai Nisa?! (panggilannya Nisa ato sapa?) Selamat datang kembali di blogku setelah lama nyasar 🙂 hehehe.
      Gak usah ragu dan sungkan lah comment, gak kena denda kok 😛
      Syukurlah kalo bisa menginspirasi kamu, ayo nulis lagi di blognya 😀
      Biar tambah akrab 🙂
      Aku doain bisa nyambangin aku di Sweden yah, amin!!

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s