Sakura di Stockholm

Masih ingat kan tulisanku tentang Yohio, si cowok cantik yang bergaya Lolita Jepang itu? Rupanya imigran Jepang yang tinggal di Stockholm memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik- baiknya.

Weekend kemarin pas belanja ke kota, aku dan Miku jalan- jalan sebentar ke Kungsträdgården. Tadinya sih pengen liat pohon cherry blossom, ya optimis aja sih, sapa tau pohon- pohonnya sudah mulai berbunga, karena kalo udah musim bunga, indaaah banget! Tapi jangan ditanya, pasti banyak sekali manusianya di taman kota ini. Apalagi pas musim panas, wong pas musim dingin aja juga banyak.

Tapi sayang cherry blossomnya masih belum menampakkan tanda- tandanya, malahan yang ada tenda- tenda seperti ada acara khusus gitu. Gak ada cherry blossom gakpapa karena ternyata hari itu mereka mengadakan festival Jepang. Jadi di taman itu banyak sekali yang berpakaian ala Jepang, dari model Oishin, Geisha ato apalah namanya itu sampe Harajuku, harakiri (eeh ini bukan) sampe Lolita, ada juga yang model Sailormoon, tapi kok biru yah?

Jepang menyakurakan Stockholm hari itu, untunglah cuacanya cerah banget waktu itu. Sampe bengkak mata kena matahari yang terik sekali (padahal udah nyetil pake kacamata item, huh, kacamata murahan!).

Berkostum ala Jepang

Berkostum ala Jepang

Pantesan yah, selama perjalanan ke kota itu kok orang- orang dandanannya pada aneh- aneh ala Jepang yang eksentrik gitu, ternyata ada acara beginian toh. Jadi di festival itu ada booth yang ngelayani penjualan pakaian sekaligus make- up ala Lolita ato berpakaian tradisional Kimono itu.

Ada juga yang jual pernak pernik lucu, dari gantungan kunci sampe sumpit dan permainan- permainan unik gitu. Selain itu juga mereka membuka pendaftaran bagi siapa aja yang punya hobi Manga dan kawan- kawannya itu, maaph gak begitu paham soal yang ini.

Yang aku tertarik adalah seni beladiri Aikido! Aargh, jadi pengen ikutan!

Aikido

Aikido

Kirain 200kr doank pendaftarannya ternyata diskonnya ituh! Aku suka liat Aikido ini karena keliatan harmonis sekali gerakannya.

Jajanan

Jajanan

Di setiap festival ato acara- acara kebudayaan ini yang paling aku sukai adalah stan makanan! Dari stan ini kami jadi tau bagaimana dan apa sih makanan dari negara tersebut. Tapi hari itu rupanya Jepang kurang kreatif, masa stan makanannya cuma 2 biji? Itupun jualannya gak bangeeet! Yakitori 2 tusuk harganya minta ampun, rasanya cuma bumbu saus ikan doank, mana dingin pula?! Begitupun udonnya, gak ada isi macem- macem, rasanya sedikit hambar dan kurang panas, gak puas! Tapi lumayan untuk mengganjal perut. Dan sempet nyantap muffin yang toppingnya ada bunga sakuranya gitu. Katanya muffin dengan rasa bunga sakura, eee ternyata bunga sakura itu rasanya mirip kayu manis yah?

Japan Festival

Japan Festival

Karena festival Jepang, si anjing diatas yang manis imut- imut ini juga pada dateng! Iiiih aku suka ama si Akita ini, gara- gara nonton Hachiko.

Selama aku tinggal disini, seringkali aku liat negara- negara lain mengadakan festival besar- besaran kaya’ gini. Waktu itu ada Turki dan kali ini Jepang, apalagi tujuannya kalo bukan memperkenalkan kebudayaan negara- negara mereka disini. Kapan ya Indonesia bisa bikin festival di Stockholm? Kan banyak tuh kebudayaan dari Indonesia yang bisa dipamerkan disini? Karena nih yah, kebanyakan Swedish itu pergi liburannya ke Thailand, padahal Indonesia kan gak kalah bagus ama Thailand yak? Mudah- mudahan suara hati ini didengar ama Mendikbud dan Dubes Indo di Swedia yah 😀 *ngarep*

Advertisements

24 thoughts on “Sakura di Stockholm

  1. Keren ya Mbak…
    Kalo Indonesia membuat festival disana pasti lebih seru, kita bisa jualan batik, kebaya, blankon, keris (kyk nya cuma Indonesia doank yg punya pedang melengkung begitu), bahkan jualan konde. Hahaha…

    Makanan nya juga lebih seru, dari manis gudeg sampai pedas-pedas masakan Manado dan Medan.

    Tariannya ga kalah populer dari Tarian Aceh sampai Papua, atau kita perlu bawa Reok kesana juga dan membuat mereka kagum betapa susah nya menari sambil memakai topeng yang berat itu?

    Wah saya jadi berkhayal tingkat tinggi nie Mbak 🙂

  2. wahh ada aikido, aku juga sempet pengen ikut, udah beli seragamnya pula, tapi kerjaan kantor lagi banyak jadi dipending dulu. Semoga abis ini Indonesia bikin festival disana ya mbak 😀

  3. Huaa aku selalu kepingin jalan-jalan dengan gaya ala rocker jepang gitu deh tapi takut disangka anak emo kesasar :p

    Amin aminnn semoga di stockholm bisa ada festival budaya Indonesia. Kita bisa nawarin banyak hal seru ke para bule disana hiihi. Di Belanda padahal sering banget ada pesta rakyat. Semoga dubes RI disana saling ngobrol dan memutuskan untuk buat juga di stockholm ya mbak

  4. iya yak, sayang sekali Indonesia kurang kreatif dalam hal promosi, padahal Phuket kebanggaan thailand aja biasa banget dibanding Bali, cuma ya disana emang lebih murah, bali kemana-mana kan mahal >.<

      • kalau dari jakarta mungkin murah, tapi kalau kayak aku dari Pontianak terkendala harga tiket ke jakarta dan tempat tujuan. gak ada pesawat murah kayak AA soalnya di Pontianak..

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s