Berobat Gratis

Hari ini sudah terhitung setahun 3 bulan aku hidup di negeri kutub ini, suka dukanya banyak banget. Sukanya bisa deketan ama Miku, bisa ke luar negeri, haah… hari gini gak keluar negeri (padahal sih kalo gak nikah ama Miku yang mana mu’in bisa keluar negeri? Bahkan mampir ke Singapore ato Malaysia yang negeri tetangga aja belom pernah), parah banget yak?! Dukanya jauhan dunk ama Aggie, gak bisa hangout bareng lagi, kangen masakan Mommy dan kangen Robby (bagaimana kabar kalian disana, aku rindu!).

Selama setahun 3 bulan disini aku udah dua kali dapet kartu gratis berobat loh, asik kan?!

Jadi karena Program Kehamilan yang aku jalani itu kan lumayan panjang dan kalo bayar nih lumayan menguras kantong juga, tapi untungnya kalo berobat di Stockholm itu dapat subsidi dari pemerintahan, gak tau deh itu berlaku di seluruh Swedia ato cuma di Stockholm doank. Kartu gratis ato istilahnya Fri Kort ini diberikan kepada pasien jika pembayaran dokter/check up sudah melebihi batasnya, limitnya itu adalah 1100 SEK per tahunnya.

Kartu Berobat Gratis

Kartu Berobat Gratis

Misalnya nih hari pertama, tanggal 01 Januari 2013 kamu ke dokter THT (rata- rata disini) bayar dokter sekali kunjungan 300-350 SEK, trus ke dokter lagi sampe akhirnya udah limit nih 1100 SEK, misal di tanggal 1 Maret 2013. Dokter tersebut akan kasih kamu kartu gratis untuk berobat lagi hingga 01 Januari 2014 ato sehari sebelum tanggal tersebut. Yang artinya selama setahun ke depan kamu gak perlu bayar biaya dokter lagi, yaaay!

Hal tersebut juga berlaku untuk obat- obatan. Dokter disini gak perlu nulis resep lagi untuk obat- obat yang akan kita beli, sebab resepnya langsung dikirim elektronik ke apotik- apotik resmi (bai de wei, apotik dalam bahasa Swedia itu sama loh ama bahasa kita, cuma bedanya pake E). Dan harga obat- obatan itu didiskon! Sapa sih yang gak suka diskon yah? Semakin lama semakin banyak diskonnya (sayang tingkatan pemberian diskonnya aku buang), misalnya nih hari pertama kita beli obat 500 SEK dapet diskon 5% terus, hari kedua beli 1000SEK diskon 10%, diskonnya bertambah terus pokoknya. Sampai akhirnya nanti kalo kita sudah capai limit 2200 SEK, kalo beli obat lagi bisa gretong.

Diskon Obat

Diskon Obat

Seperti yang bisa dilihat di gambar diatas itu, harga asli obat 1230,50SEK tapi karena diskon gede- gedean akhirnya aku cuma bayar 237,80 SEK setelah sebelumnya sekitar 350an SEK. Sekitar 100 SEK lagi aku bisa beli obatnya gak pake duit loh, tapi sayang cuma sampe akhir April 2013 (soalnya udah setahun dari hari pertama beli obat). Setelah itu harus bayar lagi 😦

Bulan Februari ini dalam sebulan aja aku udah berobat habis 1100 SEK, jadi aku udah dapet kartu berobat gratis dunk, bagiku ini menguntungkan sekali, karena aku bisa 4 hari sekali ke dokternya nih. Selasa ke dokter, eee sabtu si dokter rela meluangkan waktu untuk periksa aku lagi. Intinya kalo berobat disini sih lebih meluangkan waktu dan bukan uang 🙂

Jadi kepikiran pengen mboyong Papa kemari, biar bisa berobat gratis *otak kriminil mulia*

Pasti bertanya- tanya kan kenapa sering ke dokter? Karena aku lagi dalam program untuk hamil. Menurut dokter semuanya bagus kecuali satu, hormon yang susah banget diatur, bahkan obat suntik untuk ngatur hormon yang sudah mulai beberapa minggu lalu diberikan (tiap hari loh bo!) belom juga keliatan hasilnya. Kata si dokter sel telurku itu keras kepala (kaya’ yang empunya), dosis obatnya mulai 37,5 trus dinaikkan 50 tapi tetep aja gak mau membesar, dokternya memutuskan untuk dinaikkan lagi jadi 70. Ya mudah- mudahan sih dosis yang kali ini tepat untuk kondisi badanku. Karena setelah disuntik hormon ini ee aku jadi males banget (eh.. bukannya udah dari dulu), moody, suka sakit tiba- tiba di perut bagian bawah (katanya sih karena sel telurnya sedang tumbuh), tapi gak sakit banget kok.

Yaaah, apapun lah dilakukan, biar bisa punya baby! Tapi tetep dunk gak lupa berdoa, minta juga ama Allah SWT biar dipercaya 🙂 Mungkin Allah lagi kapok yah, soalnya kan banyak tuh orang dititipin anak- anak yang lucu (dikaruaniai anak) tapi eeeh bukannya dirawat sendiri tapi dititipin lagi ke baby sitter *tepok jidat*.

Advertisements

32 thoughts on “Berobat Gratis

  1. nice story luh…. patut ditiru tuh d indonesia.
    untuk programmu moga lancar ya,,,, amin….
    kpn ikam bulik hehehe…

  2. Aku belum sempet periksa ke dokter nih Cha. Pingin juga deh. Eh tapi kemarin di sekolah aku baru tau kalau nanti kita niat KB, biayanya lumayan juga loh. Dan katanya ga dicover kayak sekarang gitu. 1000kr lebih untuk tiap kali perawatan. Katanya siiiih..

    • Disuruh bayar bé? 1000kr? gak salah tuh? ini malahan dicover kalo udah melebihi 1200kr dalam setahun, tahun- tahun sebelumnya malah setelah 1500kr.
      Tapi bébé udah pap smear belom pas pertama kali dateng ke Swedia?

        • bébé bandel, setelah dapet personnummer pertama kali dianjurkan untuk pap smear, dan nantinya bakal 3 tahun sekali pap smear itu bé, gak bayar kok, cuma sebutin personnummer aja, untuk liat kondisi kewanitaan kita 🙂
          trus kalo ke dokter (apapun itu) kecuali dokter gigi, cukup bayar 1200/tahun, trus dpt kartu yg diatas itu deh 🙂
          Ayuuk buruan periksa bé, biar ketauan ntar dpt treatment apa 🙂

            • Wedew, piye toh bé, ampe lupa gitu, cek blog dulu, kali aja pernah nulis ttg ini *dicubit bébé*, periksanya itu cuma ambil cairan di mrs V aja sih.

  3. Enak ya rakyatnya diurusin sama negaranya, di sini mah kalo ga punya uang ato kartu miskin, pasiennya didiemin aja gitu ato disuruh ke RS lain sampe kritis, hiks..
    Semoga segera punya baby..

  4. waa mbak, saya pas googling ttg hemoroid ada ketemu blog mbak yang lama. saya baru operasi hemoroid minggu lalu dan masih cemas setelah operasi bagaimana. boleh tanya tanya mbak? pemulihanny berapa lama?

    • Hai Ika, salam kenal, waktu itu aku cuma butuh waktu sekitar 10 harian, pertama- tama emang perih, kalo mau BAB lancar minum pencahar aja 🙂
      Sekarang masih sakit?

      • iya mbak, masih aga perih gitu..ni baru 8 hari, waah makasih banyaaak ya mbak gara2 blog mbak yg dulu saya jadi lebih tenang. doain yaa cepet pulih 🙂

        waah, mbak, sekarang saya jadi jelajahin semua cerita mbak di blog..seru n nginspirasi banget..:D
        alhamdulillah mbak baek banget n aktif nulis..sukses selalu, diberi kesehatan n cepet dapat momongan yaa mbak..

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s