Ternyata babi itu enak!

Dan aku sangat menyesal, penyesalan seumur hidup!

Meskipun aku bukanlah muslim yang baik, kalo sholat suka bolong- bolong, kalo bayar puasa suka kurang- kurang, tapi tetep lah taat untuk menghindari segala jenis makanan yang diharamkan. Dari pertama kali masuk muslim, aku gak pernah makan babi, anjing dll yang haram itu. Meskipun ya sempet jadi pemabuk beberapa saat, sekarang mah udah insaaap!

Miku-pun aku anjurkan untuk gak makan babi lagi, dan alhamdulillah Miku mau dan menghargai permintaanku, toh masih ada ayam, daging kambing dan sapi yang juga gak kalah enaknya.

Sementara itu bagaimana ceritanya bisa kubilang babi itu enak?

Jadi tuh yah, setiap kali aku ama Miku makan di foodcourt di mall deket rumah, kalo pas males banget masak, aku suka pesen Ribs Steak di Texas (nama franchisenya). Dagingnya enak, lembut banget pake saus barbeque special. Sedangkan Miku pesen burger dari Texas ini. Di lain hari aku ama Miku ke supermarket dan beli Ribs Steak yang dijual paketan, produknya Jensen Böfhus. Setiap kali kita beli daging di supermarket pasti kita cek tuh, mengandung babi ato gak. Ternyata ribs produknya Jensen ini alhamdulillah gak mengandung babi. Tapi dagingnya agak alot 😦 Steak Iga Texas SWD

Pas mau ngulang beli ribs nya Jensen kok sold out, jadilah kita ke supermarket lain dan nemulah produk ribs paketan punyanya Texas, kaget binti shock ternyata ribsnya mengandung babi. Sampe gak percaya, bolak balik ke supermarket itu aku selalu cek ingredients di paketan ribsnya kalo kalo ada yang gak mengandung babi. Ternyata mereka pake babi 😦

Semenjak tau kalo ternyata ribs yang paketan dijual di supermarket itu mengandung babi, aku gak mau lagi makan ribs steak yang -walaupun- enak itu di Texas. Sampai akhirnya kemarin masih percaya gak percaya, aku minta Miku nanya ke Texas apa bener tuh ribsnya babi. Dan jawabannya membuatku menyesal seumur hidupku, huuuuu 😦 ada daging babi dalam tubuhku…

Padahal jauh jauh hari sebelum itu yah, pas makan siang ama temen di Max Burger, aku sok- sokan tuh pesen menu harian mereka, lumayan kan paketannya lebih irit. Pas dateng burgernya aku langsung cari meja, sudah mau mangap, kok perasaanku gak enak, aku periksa lagi ingredients yang ada di kertas pembungkus burgernya. Ternyata itu burger ada babinya 😦 Nasib, nasib… mau ngirit malah apes! Untuk make sure aku tanya ke pelayannya dan ternyata benar mengandung babi, akhirnya aku pesen lagi burger original yang asli cuma pake daging sapi. Mending bayar lagi daripada makan makanan haram.

Ya ya ya.. walopun enaknya kaya’ apa kalo diharamkan ya maap- maap aja nih Bab, aku gak mau sentuh kamu!

Advertisements

66 thoughts on “Ternyata babi itu enak!

  1. Aku belum pernah makan babi (kayaknyaaaaa looochhh). Dan kalo nggak sengaja kan ya nggak dosa juga dong ya? Hehehehe.. Tapi aku percaya daging babi itu enak, even temen-temen muslim yang makan babi pun pada bilang begitu.

    Lebih waspada aja Mbak pilih tempat makan, apalagi di luar negeri sana..

    • Iya nih, ceroboh banget sampe makan beberapa kali eeh baru taunya belakangan 😦
      Padahal aku wanti2 Miku biar gak makan babi eee malah akunya yang ke’blusuk’ 😦

  2. Emang susah ya Cha cari yang “bersih” dari babi disini.. Kalau aku sih ga pernah sengaja makan babi.. Tapi yang ga sengaja itu ga tau deh.. insya Allah sih bisa halal terus yaaa.. >_<

    • Nah itu dia bé , ini kan juga gak tau kalo babi jadi gak sengaja dunk 😦
      Sekarang udah tau yah jauh- jauh deh dari menu ‘enak’ menjerumuskan itu.

  3. seram juga pengalaman gitu yah!! adikku juga waktu kecil gk sengaja dikash tetangga yg non muslim babi dan adikku jdnya alergi,, pengalamanmu bisa mengingatkan kita untuk hati2!! mksh share nya fascha

  4. Gua punya temen muslim yg barengan berangkat untuk studi ke China. Awalnya dia anti banget makan ini itu karena takut mengandung babi, tapi ujung2nya dia give up dan ternyata kata dia memang daging babi tuh enak. Kadang gua suka bertanya2, kenapa ya dilarang? Ada ceritanya ga sih kenapa?

  5. Teteh mah pokoknya kalau makan daging, selalu tanya sama penjualnya, ini BB apa Sapi..?
    kadang ada produk ayam, tp ada campuran BB nya, kalau kita ngga teliti baca bahan2nya.

    Jadi pelajaran juga, untuk lebih hati-hati..:)

  6. Wah aku pernah gak sengaja makan babi pas ke cina. Babinya itu ada di dalam dimsum jamur. Aku kira ayam jamur taunya babi jamur padahal enak banget aku mau nambah trus pas baru tanya ehhh….babi toh 😦

  7. ahahahaha… kalo ngga sengaja kan ngga dosa mestinya kak.. asal jangan sengaja aja^^
    aku bukan muslim tapi juga ngga makan babi~ biar kata orang enak (dan suka diledekin katanya cina kok ga makan babi) tapi kalo makan yang ada babinya langsung muntah sih -_-

  8. memang betul daging babi itu enak mbak, soalnya manis&gurih, tapi ‘jahat’nya minta ampun. saya sendiri sudah sangat membatasi makan daging ini. mending makan daging ayam atau ikan aja deh mbak. lebih sehat.. kalau daging sapi ternyata lebih berbahaya dari daging babi.

  9. Pada masa pra penciptaan Adam, Allah memerintahkan empat malaikat Muqarrabuun, yaitu Jibril, Mikail, Izrail dan Israfil, untuk mengumpulkan empat unsur fisik bahan penciptaan alam material/alam mulk (tanah, api, air dan udara) dari tempat-tempat tersuci untuk dijadikan sebagai Adam as. Lalu Allah membentuk ‘adonan’ jasad Adam dalam posisi terlentang, masih berbentuk tanah. Pada saat ini, karena belum ditiupkan ruh kepadanya, adonan berbentuk manusia ini belum hidup.

    Pada masa ini, sebagaimana Adam adalah ‘prototipe’ manusia, semua hewan dan tumbuhan sudah ada ‘prototipe’nya pula di surga. Melihat adonan tanah itu, Iblis membaca rencana Allah untuk menciptakan manusia.

    Dia demikian cemburu,dan didatangilah adonan tanah ini, dan iblis meludah kepadanya. Ludah iblis ini jatuh pada titik di mana ada pusar kita sakarang.

    Karena hal ini, maka marahlah Allah (belum sampai murka, murka-Nya ketika iblis menolak untuk sujud sehingga iblis dikutuk) kepada Iblis, dan diusir-Nya iblis dari ‘wilayah surga’, dan iblis tertahan di muka gerbang surga.

    Lalu dia mencari akal, bagaimana untuk memasuki surga kembali. Karenanya iblis, dalam rencananya, harus menghasut kuda. Ia menghasut raja burung di surga pada saat itu (berbentuk seperti merak, tapi jauh lebih indah), minta diselundupkan ke dalam surga.

    Raja burung itu memanggil hewan terindah di surga saat itu, yaitu Ular. Ketika itu, ular masih hewan yang sangat indah dan memiliki empat kaki. Ular menyediakan mulutnya kepada iblis, dan masuklah ular kembali ke surga dengan iblis di dalam mulutnya, membawa iblis menemui kuda.

    Iblis menghasut kuda dengan mengatakan,“Jika makhluk itu (Adam) tercipta, maka hingga akhir zaman keturunannya akan menduduki punggung keturunanmu.”

    Kuda sangat marah mendengar hal ini, dan larilah ia ke adonan tanah Adam tadi, untuk menginjak-injaknya.
    Tapi pada saat kuda mendekat, Allah mengambil secuil tanah, pada bagian terkena ludah iblis tadi, dan dari tanah yang terkena ludah iblis tadi dijadikanlah seekor anjing.

    Anjing inilah mengusir kuda, dan ia, sesuai perintah Allah, menjaga adonan tanah Adam sampai dihidupkan-Nya. Dari sini bisa dipahami, kenapa anjing adalah hewan yang paling setia kepada manusia: karena ia tercipta dari ‘adonan tanah’ yang sama dengan Adam a.s tetapi anjing sudah tercampur dengan ludah iblis.

    Ini awal mula air liur anjing menjadi diharamkan. Demikian pula, ular ‘dikutuk’ membawa mulut yang beracun, karena menyediakan mulutnya sebagai tempat iblis menyelundup. Ia pun dikutuk dengan dibuang keempat kakinya menjadi melata dan lambat,dan dihilangkan predikatnya sebagai hewan terindah di surga yang pernah diciptakan Allah.

    Lalu jika ada yang bertanya kenapa Allah SWT menciptakan babi kemudian Allah haramkan untuk memakannya ?

         Siapa yang mengatakan bahwa Allah SWT menciptakan babi untuk dimakan ?? apakah semua hewan yang diciptakan Allah SWT untuk dimakan ?? tentu jawabannya tidak. Karena setiap makhluk hidup di langit dan dibumi memiliki tugas dan fungsi masing-masing yang tidak dapat dilaksanakan oleh makhluk lainnya.
                    Allah SWT menciptakan babi untuk membersihkan sampah dan kotoran serta bakteri yang dapat merugikan manusia yang boleh jadi bakteri dan sampah tersebut hanya dapat dibasmi lewat pencernaan dalam perut babi. Akan tetapi umat manusia mengeluarkan fungsi dan manfaat tersebut menjadi sesuatu yang sangat merugikan yaitu dengan memakannya. Allah SWT berfirman :
    قُل لاَّ أَجِدُ فِي مَا أُوْحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلاَّ أَن يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَّسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللّهِ بِهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلاَ عَادٍ فَإِنَّ رَبَّكَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
    Artinya :” Katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barang siapa yang dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
    Al Qur’an surat Al An’am ayat: 145.
    Jika kita perhatikan dengan seksama dalam ayat ini Allah SWT mensejajarkan babi dengan darah yang mengalir dan bangkai yang mana semua itu sangat berseberangan dengan selera orang normal yang masih sehat akal pikirannya.
                    Jika ada yang bertanya, jika babi tidak boleh dikonsumsi karena alasan diatas lantas kenapa juga tidak dibolehkan dalam Islam untuk dimanfaatkan guna kebutuhan lainnya seperti industri dan medis atau sebagainya ?? tentu saja hal ini tidak dibenarkan karena babi dan turunannya adalah najis zatnya sehingga tidak dapat disucikan dengan cara bagaimanapun juga. Dan bagaimanapun usaha manusia untuk beternak babi pada tempat yang bersih atau terjaga dari segala bentuk kotoran maka usaha itu hanya akan berujung sia-sia dan tidak akan mengeluarkan babi tersebut dari hakikat penciptaannya bahwa babi adalah hewan kotor dan najis.
    Oleh karenanya sebagai seorang muslim kita mesti selektif terhadap makanan dan minuman yang kita konsumsi karena makanan dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Apabila presentase yang di makan itu halal maka akan muncul kreativitas dan pikiran-pikiran yang positif. Akan tetapi sebaliknya apabila presentase dari makanan yang di konsumsi lebih banyak makanan yang haram tentu akan menimbulkan pikiran-pikiran dan perilaku yang negatif. Makanan yang bersumber dari bintang yang di haramkan akan memiliki banyak mudarat bagi manusia dan untuk terhindar dari makanan dan minuman yang haram, perlu langklah-langkah untuk mengantisipasinya, antara lain ; selektif terhadap makanan yang akan di konsumsi, waspada terhadap makanan yang bersumber dari binatang, selalu berusaha mencari informasi tentang makanan yang bersumber dari bintang yang diharamkan dari berbagai sumber pengetahuan yang ada.
    lalu jika ada yang berkata : “dibarat saja orang masih banyak yang makan babi dan tidak ada yang sakit malahan tambah sehat, buktinya yang makan babi biasa-biasa saja”!? tentu saja ungkapan ini tidak dapat kita jadikan tolak ukur untuk menilai apakah memang benar babi tersebut tidak membahayakan manusia?? karena dibarat itu sendiri juga banyak orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol bahkan dalam jumlah yang sangat banyak dan mereka tau bahwa minuman beralkohol berbahaya ditambah lagi dengan penelitian telah membuktikan bahwa minuman beralkohol sangat membahayakan kesehatan tubuh dan pikiran manusia tapi mereka tetap mengkonsumsinya juga kan.
    jadi, yakinilah bahwa tidak ada satupun ciptaan Allah SWT yang sia-sia 🙂

  10. Halo, numpang komen, baru sekali mampir ke blog ini..
    Cuma saran aja, kalo pesen burger, cold cuts (sosis segede paha yg dipotong tipis itu lho hehe), dan makanan cina, harus ditanya dulu dagingnya apa..
    Kalo gue, biasanya beli daging mentah selalu di swalayan Turki, trus kalo delivery fast food, gue selalu make sure ada penjelasan halal (biasanya resto India atau Turki yang jual pizza or burger gitul) atau ada tulisan 100% beef, trus kalo cold cuts di swalayan lokal gitu, gue selalu minta yang kalkun aja.

    Tapi sebenernya kan menurut Islam, halal itu bukan cuma dari jenis binatangnya, tapi juga cara potongnya. Nah yang daging ayam / sapi / kalkin di swalayan lokal punya bule kan jelas gk dipotong dg Bismillah. Tapi untungnya disini ada swalayan lokal Merkur yang jual daging sertifikasi Islam di Austria 😀

    Just sharing, semoga berguna ya..

    • Salam kenal mbak Amy,
      Iya mulai hari itu kami kalo makan pasti lebih selektif.
      Kalo beli daging dan ayam, beruntung di deket rumah ada toko halal dan lumayan murah juga dibandingkan dengan daging di swalayan sini.
      Makasih sharingnya ya mbaaak :*
      Makasih juga udah mampir kesini, seneng deh 🙂

      • Sama sama, nambah temen baru ya hahaha..
        Gue alhamdulillah blom dan gk mau banget kena babi sih. Tapi kalo daging sapi / ayam / kalkun yg dipotong tp gak secara Islami, yah mau gimana lagi hahahahah 😀
        Masih agak toleransi deh, walo mau sering juga. Salut lho suaminya Fascha juga selektif..

        • Iya bener ! 🙂
          Itu yang pernah kena baby itu rasanya langsung menyesaaaal banget, tapi ya gimana lagi wong gak sengaja. Abis itu mah gak noleh tempat itu lagi dah, hihihi.

    • Yaay! Akhirnya nyasar kesini… eh kok bisa nyasar mbak? gak pake GPS yah? hehehe. Salam kenal mbak 😀
      Amin makasih doanya, tapi emang berat mbak secara disini susah juga cari yang halal. At least gak makan pork dan yang di-haram2-kan deh. Kalo daging ayam/kambing ato sapi sebisa mungkin beli di toko halal sih.

  11. hai mba 🙂 what a lovely blog…
    sebenernya di agama.ku sendiri (ya aku ga ngerti2 bgt hanya secara umum aja >.<) di perjanjian lama memang semua binatang yg berkuku belah diharamkan dan salah satunya adalah si piggy ini, kemudian di perjanjian baru dinyatakan bahwa semua yg dari Tuhan itu ga ada yang haram.
    Beberapa yang fanatik memang sampai sekarang mengharamkan ini piggy (bahkan kelinci juga) tapi bukan karena kurang sehat atau engga selama pengolahannya bener ada yg bilang ga masalah (yg penting doa dulu sebelum makan :D)
    Kalau aku ikut yg aliran pemakan segala, selama pengolahan n tempatnya sehat sih hihi, tapi sekarang emang ngurangin daging2an, inget umur XD

  12. Rasanya pernah nyicip, deh aku! Dulu, pas SD. It juga gak sngaja, gak nyadar. Soalnya, kawan2ku di kampung, mereka suka sekali daging babi..

  13. Eem..
    Jgan sampe ketipu lg yahh say.. Hhhihihih..
    Kalo agamaku sih boleh makan dgg babi.. Tapi kdang aq juga ga suka.. Soalnya kenyal* ga jelas.. Lemak’nya juga bnyak..
    Mbaa kan ga sngaja,, pastii ga dosa!! Lebih waspda yaahh ^^

  14. dulu di Singapore pernah kemakan nasi goreng babi gara2 kesalahan info dari dapur hotel-nya. Abis tau itu babi ya langsung berhenti, tapi ternyata emang enak kok =)) =)).

    gapapaa yang penting udah usaha buat menghindar 😀

  15. yang ga pernah makan daging babi itu justru malah banyak penyakit. sejauh ini gw belum pernah denger lagi ada orang mati kena penyakit dari daging babi,…. yang ada malah ketagihan makan daging babi. secara uenak geto lho…

  16. Maaf…kalau diorder lagi burger daging sapi tetapi pada tempat yang juga menjual daging babi…maka proses penyediaannya direstoran tetap bercampur…maka itu jelas haram…daging sapi itu disembelih atau tidak? Saya sekadar share…jgn marah

  17. Sekitar tahun 1999 waktu di Pontianak kami pernah makan mie bersama. Penjualnya encik2 setengah baya. Mienya enak, gurih dan ada seperti kerupuk kulit di dalamnya. Selesai makan, setelah keluar dari warung itu baru deh teman saya kasih tau kalau kerupuk kulit itu terbuat dari kulit babi. Wuuueekss…perut saya mules. Tapi gimana lagi udah kemakan. Sejak itu kalo mau makan ke rumah makan chinese, saya pasti nanya makanannya mengandung ibab gak?

  18. Salam kenal…
    aq juga prnah hampir makan babi…uhhh jadi males ngingatnya… harus selektif kita memang kalo beli makanan diluar..

    salam kenal fascha .. 🙂

    • Salam kenaaal!!!!
      Makasih udh mampir 🙂
      Kl keingetan makan babi ini jd merasa jijik sendiri loh .. Tp ya gimana yah, wong juga gak sengaja kan 😉

  19. sama aja haram,masih ditempat sama. krn tempat masak jd satu. tau gak babi sebelum di masak di pukuli. daging ada ribuan cacing pita dsb.

Comments are closed.