Keliling Dunia

Sabtu kemarin, sebelum belajar Ice Skating sampe kaki dan pantat biru- biru, Miku ngajakin keliling dunia. Halah … Banyak duit yah, tak? Bisanya ngajakin keliling dunia? Mimpi apa semalem? Wong pengen ke London aja disemayani (dijanjiin).

Tapi keliling dunia versi Miku ini murah banget, cukup 60 SEK per orang. Perjalanannya pun cukup singkat, abis naik T- Bana trus naik bis. Hahaha! Miku ora modal.

Jadi hari itu ternyata dia ngajakin ke Etnografiska Museet, yang letaknya di daerah Djurgården, Stockholm. Jarak dari pusat kota sekitar 11 menit naik bis. Di sekeliling museum ini ternyata banyak sekali museum- museum lain, seperti Tekniska Museet, Polis Museet, dll dan kita bisa liat Kaknästornet dari sini. Heran deh, kenapa museum- museum ini gak dijadiin satu aja sih yah?

Sedikit mengintip di pintu masuk adalah seperti biasa, jualan souvenir dunk yah 🙂

Kali ini jualannya itu lebih lucu- lucu! Ada barang yang aku yakin anak Indonesia umur 8 tahun aja bisa bikinnya dan disini dijual mahal. Ayook! Mari anak- anak bangsa dikaryakan! LOL!

118 118a

Mulai merayap masuk ke ruang pameran yang luas dan bikin lumayan bingung mau liat yang mana dulu.

Museum ini isinya adalah pameran barang- barang yang didatangkan oleh arkeolog- arkeolog dari beberapa negara. Museum ini lebih gede dan lebih beragam isinya dibandingkan dengan Östasiatika Museet  yang kami kunjungi minggu sebelumnya. Lebih murah pula tiket masuknya.

Dari tulang sampe patung ada disini. Bahkan alat tatoo pun ada. Jaman dulu tatooan pake alat ini apa gak sakit yah? Wong yang pake jarum itu aja keliatannya udah sakit banget.

Alat Tatoo jadul

Alat Tatoo jadul

Kumpulan hewan yang diawetkan pake air keras pun ada. Kasian mereka 😦

Tau dunk ini apa namanya?

Tau dunk ini apa namanya?

Kakinya gajah, bukan nama penyakit.

Kakinya gajah, bukan nama penyakit.

Kalo gambar yang dibawah ini adalah hasil salah satu arkeolog pas ke Papua New Guinea. Pasti kalian tau apa nama hewannya setelah liat poto yang satu ini.

Burung indah dari Papua

Burung indah dari Papua

Waktu itu dapet pemandangan yang rada- rada bikin aku ama Miku ngiri banget abisan romantis abeees! Pacaran di museum itu memang asik kali yah?!

118i

Berduaan

Serunya lagi ada barang- barang yang sangat umum sekali eeh masuk museum. Lucu sih, tapi kenapa gak?

peralatan dapur

peralatan dapur

Etnic yah?!

Kumpulan sisir

Kumpulan sisir

Iya! Bahkan sisir pun dikumpulin, kaya’ orang kurang kerjaan banget yah? Tapi sisirnya macem- macem, dari kayu, gading ampe plastik, nanti aku bikin sisir dari kawat yah.

Kumpulan Sandal

Kumpulan Sandal

Dan sandalpun nangkring manis dan terawat di lemari kaca museum ini, pernah ngebayangin gak bekas siapa sandalnya itu? Kebayang gimana baunya 😦

Gak dari darat, penemuan dari laut pun ada. 118e

118g

Indah sekali ! Allahu akbar!

Seperti layaknya museum, aku selalu takut di spot- spot tertentu, terutama pas ngambil poto yang satu ini. Kejem deh dia!

118mMungkin ini yang kalo di Kalimantan dinamakan ‘KUYANG’ itu yah? Makhluk yang suka ngambil bayi- bayi yang baru dilahirkan. Tapi kalo Kuyang tuh katanya gak punya badan, alias makhluk berupa kepala terbang dengan isi perut beruraian. Namanya Kalu Kuramaya, menurut cerita dia bertransformasi menjadi setan untuk membalas dendam kepada para wanita yang membuatnya terbunuh. Ngeri ngeliatnya!

Di bagian berikutnya ada tempat yang gelap dan mendadak terang, karena seperti biasa lampunya pake sensor, jadi kalo dilewati langsung nyala aja, berasa horor! Dan pas noleh aku liat patung gede, cakeeeep bener di lemari kaca di pojok ruangan.

118n

118o

Yang ternyata adalah patung Shadakshari Avalokiteshvara.

Narsis bentar yak!

Narsis bentar yak!

Dan seperti biasa di akhir perjalanan, FIKA !!!

118p

Advertisements

12 thoughts on “Keliling Dunia

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s