Sammanfattning

Japp,  it’s been long time since i wrote something, but now i back 🙂

Wualah Cha lahkok jadi keminggris gini yah ? Gak kok, aku masih seperti yang dulu, malahan bisa tuh diliat bahasa inggrisnya kaco begitu kan yah … ?

Etapi apa sih yah ‘sammanfattning’ itu ? Jadi sammanfattning itu istilah dalam bahasa indonesianya adalah rangkuman, karena banyak cerita indah yang selama ini terjadi tapi belum sempet ngeblognya gara-gara sibuk banget sekolah. Dua kali sekolah memang sangat menguras tenaga dan pikiran, tapi kalo gak gitu gak bisa jajan, soalnya kan yang sekolah kedua (baca: Yrkesvenska) kan dapat aktivitetstod (baca: duit).

 Udah siap kan mbacanya ? Mau mulai darimana yah ? Dari goyang Gangnam Style, aiiish …

Gangnam Style fever

Kisahnya sih Psy memang membuat seluruh dunia jadi goyang kegilaan, penyanyi Korea itu memamerkan goyangan menunggang kuda yang asli deh konyol abis. Aku yakin sekali tanpa berpanjang lebar aku ceritain, pasti kalian juga udah ngerti kan yah, ngerti duuunk. Nah kali itu, tepatnya akhir bulan September ada Flash-Mob Gangnam Style di Sergelstorg, aku taunya -darimana lagi kalo gak- dari FB, jadilah pagi – pagi aku paksain Miku untuk pergi ke Sergelstorg, bawa kamera ama handycam segala, sayangnya si handycam ga sempet dicharge. Jadilah dengan battery secukupnya ngerekam goyangan maut semua warga Stockholm, dari anak kecil ama orang tua tumplek blek di torg. Gangnam Style DanceYang bikin gak asik tuh karena si Torget (baca: alun – alunnya Stockholm) itu pas lagi underconstruction dan tambah lagi gerimis mengundang. Jadinya Miku yang seminggu sebelumnya udah puter-puter lagunya Psy sambil belajar goyangannya batal deh ikutan goyang abisan penuh sesak. Aku ama Miku terpaksa juga mengabadikan moment yang sekitar 15 menit itu dari kejauhan. Gak seru aaaah ! Kan mau lagi , mau lagiiii, tapi namanya juga Flash Mob yah, jadi cuma sebentaran dan bisa jadi di tempat- tempat yang gak terduga. Aku ngebayangin gimana yah kalo aku bikin Flash Mob sendiri di T-Bana, hihihi … pasti dikirain orang Asia pada gendeng kali yah, mengingat orang Swedia kan terkenal dengan motonya Jantelagen – negara cukup, tak kurang dan tak lebih-

Happy Bornday for Cha

Bulan Oktober emang jadi bulan yang istimewa buat aku, padahal tuh yah sebetulnya aku kan dilahirkan bulan Juli, tapi karena mommy ngelairkannya telat jadi mundur deh 3 bulan kemudian. Jadilah sekarang aku orangnya males-malesan, hayah bisa aja nih ya alesannya. Tapi emang bener loh yah, mommy yang tadinya kata dokter akan melahirkan bulan Juli ee masih juga tidak melahirkan sampe akhirnya bulan Oktober itupun setelah dikasih obat perangsang ama dokternya. Apa jadinya ya kalo aku gak keluar-keluar ? Bisa- bisa gak ada nih anak mommy yang pemberontak, keras kepala dan suka bikin jengkel orang tua.

So ya, back to the topic, bulan Oktober tahun ini adalah bulan kedua aku ngerayain ultahku ama Miku. Bangun tidur seperti biasanya kan aku pasti bangun telat, lebih siang daripada Miku. Pas bangun Miku udah gak ada di sampingku, ya udah deh merem lagi. Gak berapa lama terbangun soalnya Miku nyanyi ‘Selamat Ultah’ pake Svenska, wadooow … setengah nyawa masih udah disuguhi svenska ‘Jag må hon leva’ apalah itu … yang jelas eee malahan aku senyum-senyum, bahagialah tentunya. Kado Karena kuenya kecil, bisa diliat dunk yang disuguhkan bukannya jumlah umurnya tapi kepalanya doank, yep … kepala 3 buuu *tutupmata*. Udah tuwir deh guweeeh, tapi belum juga punya dedek, padahal temen- temen aku anak- anaknya udah banyak aja. Tapi bersyukur aja deh, kalo memang udah waktunya kan pasti dikasih yah.

Kadonya apa ?

Pagi- pagi udah dikasih suguhan manis sedemikian rupa yah, itu kue juga Miku sendiri yang bikin loh, disampingnya ada bungkusan kecil yang setelah aku buka ternyata isinya kalung. Aiih … sukaaa! Romantis bener sih yah si botak. Tapi eiiit … tunggu dulu, ini nih kesalahan kalo beli sesuatu tanpa ngajakin orang yang mau dikasih. Kalungnya kekecilan 😥 whuaaaah. Terpaksa deh nunggu buat ditukerin yang agak gedean. Padahal kan pengen mau langsung dipake yah 😦

Mengobati kekecewaanku, Miku nyuruh aku cepat siap- siap soalnya dia bilang mw ke Fåfangen, bukit di kota yang indah banget, dari bukit itu bisa liat sekitaran Stockholm. View 1

Gröna Lund

Dulu pernah sih sempat ke tempat ini, tapi gak sempet poto- poto soalnya emang adem banget, angin kenceng kalo udah diatas bukitnya. Tapi aku gak tau kalo diatas bukit ini ada restorannya. Dan ternyata Miku ngajakin brunch di tempat ini. Sampe puas loh kita makannya, nambah-nambah terus mumpung bufée kan 😀

Menunya kali itu seafood, ada sih beberapa daging dan ayam, tapi favoriteku saat itu salmon asap ama saus yang aku lupa apa itu namanya, enak bangeeet! Karena mahal ya udah deh kita puas- puasin ampe perut penuh, hehehe. Sayang kan bayar mahal – mahal kalo cuma makan sekali ? Tul gak, lagian yang lain juga pada gak segan nambah terus, apalagi old couple yang duduk di sebelah kami, bapak tuanya sih gak terlalu banyak nambah yah, tapi si oma bolak balik nambah, padahal badannya kecil aja -lakok malah ngomongin orang yah ?

Abis makan kami keluar, adem bener tapi nekad aja sih demi cari pemandangan yang bagus. Tambah sedikit nampang- nampang, biar emak ama bapak di kampung tau kalo anaknya bahagia di negara orang, ya gak ? ya dong !

view 2

view 3

SAS vs/cs Yrkesvenska

Seperti sebelumnya yang pernah aku ceritain yah, kan aku lagi sekolah bahasa Swedia (baca: Svenska), inilah yang bikin aku jarang ngeblog. Karena selain menguras tenaga dan energi juga pikiran. Bayangkan aja belajar bahasa orang lain, beraaat !

Jadi SAS adalah kependekan dari Svenska som Andra Språk (Svenska sebagai bahasa kedua) yang merupakan kelanjutan dari SFI (Svenska För Invandrare/Svenska bagi pendatang), kali ini memang pelajarannya lebih advance dan lebih complicated, jelas aja yah. Di SAS aku banyak belajar yang namanya gramatik trus harus lebih banyak baca buku/ novel atau majalah. Tapi kemarin tuh kami di kelas dianjurkan untuk baca novel trus kami diskusi tentang buku itu sebagai ujiannya. Alhamdulillah syukur di ujian lv. 2 aku mengalami kemajuan (kata guruku yah). Sekolahnya lebih berat lagi karena aku sekolahnya kan di kota dan pas lagi musim dingin begini. Beraaat tasnya, berat treknya menuju sekolah, berat perjuangannya jadi orang Swedia yah.

Sedangkan Yrkesvenska adalah semacam kursus gitu, masih juga dalam svenska tapi lebih ke pendalaman tentang jobmarket, job area di Swedia. Aku lebih banyak belajar tentang apa yang ada di dalam lingkungan kerja di Swedia sedikit banyak dari program ini. Program ini adalah program yang diberikan oleh Arbetsförmedlingen (organisasi pemerintahan yang mengurusi ketenaga kerjaan) untuk para pencari kerja. Karena baiknya officer yang nanganin aku, dia telepon dan bilang aku bisa melanjutkan 10 minggu lagi kalo aku mau, itu artinya aku bisa dapet duit lagi untuk 10 minggu, lumayan kaaaan! Tapi kali ini apesnya, Yrkesvenskanya pindah ke sekolah di ujung kota (Stockholm coret). 3 stasiun sebelum Farsta Strand, mana jalanan mau ke sekolah itu beberapa hari ini susah banget, saljunya tinggi banget. Tapi gak papa lah demi ilmu dan duit kan yah.

Pulka

Pengennya sih pergi PULKA sendiri ya di bukit belakang apartemen, tapi yah gak lucu lah kalo sendirian 😦 Apa serunya? Apalagi kompetisi ama anak- anak.

Tapi pada tau gak apa PULKA itu ? Pulka itu adalah kegiatan diluar pas musim dingin dan banyak salju begini, yaitu berseluncur alias prosotan. Namanya juga newbie di Swedia kan pengen nyobain main- main di salju yah …

pulka pulka3 pulka2

Pada lucu- lucu kan …. !

Tapi sayangnya, Miku sibuk dan lembur meskipun wiken gini, soalnya kantor dia lagi pindahan 😦 nyebelin banget kan yah. tapi lagi- lagi sih alesannya biar bisa cepet beli rumah pake pasang tampang manis, jadi meleleh juga deh hatiku. Janjinya kita bakalan pulka minggu depan, iya kalo saljunya masih ada yah, kalo udah abis ? Mau pulka di kasur ?!

Sebetulnya gak perlu jauh- jauh ber-Pulka ria nya sih, soalnya bukit kecil yang keliatan dari jendela dapur aja udah cukup menarik dan keliatannya emang sempurna untuk prosotan. So next week, beli pulkanya dulu kali yah.

 

Advertisements

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s