Pembunuhan Massal

Pasti kalian sudah mendengar nama Anders Behring Breivik yang belakangan namanya lagi naik daun. Terkenal namanya bukan karena dia telah melakukan hal yang baik melainkan telah membunuh 69 remaja yang sedang melakukan kegiatan Labour Party youth camp di sebuah pulau, Utøya, di Norwegia. Dia juga melakukan pengeboman di gedung pemerintahan Oslo yang menyebabkan sekitar 8 orang meninggal. Kejadian ini sebenarnya sudah terjadi hampir setahun yang lalu, yaitu 22 Juli 2011, tetapi hukuman akan segera dijatuhkan kepada Breivik sekitar 21 tahun. Menurutku hukuman yang 21 tahun itu tidak akan pernah cukup jika dibandingan banyaknya orang yang telah mati karena ulahnya yang rasis itu. Breivik menganggap tindakannya adalah benar karena menyelamatkan negaranya dari banyaknya kultur yang mulai berdatangan ke Norwegia dan dia juga belum puas karena saat pengeboman itu dia mengharapkan lebih banyak orang yang mati. Manusia jaman sekarang sungguh tega yah. Seakan – akan nyawa jaman sekarang bisa dihargai dengan sangat murah. Peri kemanusiaan antar sesama juga perlahan – lahan mulai sirna. Astaghfirullah aladzim !
Topik tentang Breivik ini lagi santer dibicarakan di berbagai media di Eropa, mungkin juga di Indonesia. Sebetulnya aku agak ga ngerti juga bagaimana kronologisnya secara detil, tapi karena berulang kali dibicarakan di sekolah, akhirnya nyantol juga dan nyadar sangat kejamnya si Breivik ini, juga gila kalau kubilang. Sebuah alasan yang tak bisa diterima dengan nalar bahwa dia menyatakan dirinya akan dianggap pahlawan yang menyelamatkan Norwegia dengan membersihkan keberagaman kultur yang masuk. Rasis sekali bukan ? Berbanding terbalik dengan negaraku tercinta Indonesia yang malahan bangga dengan keberagaman kultur.
Sebenarnya apa ya kepuasan yang didapat orang – orang tersebut setelah membunuh orang ? Kok ya menghabiskan energi untuk hal yang tidak perlu dilakukan. Bukannya lebih indah jika menjalin silaturahmi antar sesama ?
Jika ada seseorang diantara kalian yang berniat untuk membunuh sesorang, pastikan alasan kalian itu tepat. Karena ujung – ujungnya yang rugi kalian sendiri. Akan lama menghabiskan waktu hingga tua di balik terali besi, kebebasan terbatas.

Advertisements

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s