Sekolah Gratis di Swedia

Seperti tema diatas, memang gratis sekolah di Swedia. Salah satunya adalah SFI (Svenska För Invandrare), sekolah yang dikhususkan untuk para imigran untuk belajar bahasa Swedia. Misinya agar para imigran ini ‘tidak tersesat’ di negara kutub ini. Dan lagi adalah karena kebanyakan kesempatan kerja yang ada di negara ini harus bisa bahasa Swedia. Tapi jangan takut tersesat di Swedia, karena kebanyakan warga negaranya bisa bahasa Inggris kok. Walaupun begitu kurang nyaman rasanya kalau tidak belajar bahasa Swedia, toh gratis, tidak bayar apapun untuk ikut sekolah ini, jadi kenapa tidak ?
Yang aku perlukan untuk masuk sekolah ini cuma datang untuk registrasi di SFI Centrum, Stockholm. Berbekal paspor Indonesiaku dan personnummer. Setelah berdiri di antrian yang panjang, akhirnya namaku dipanggil juga. Officernya sempat bertanya apakah aku bisa bahasa Swedia atau tidak, karena memang ada pengklasifikasian di sekolah ini. Karena memang bahasa Swediaku hanya sebatas “Jag Älskar Dig” (artinya : aku cinta kamu), maka kubilang kalau aku tidak bisa bahasa Swedia.
Dalam interview itu juga ditanya, di negara asal, berapa lama aku sekolah, berapa lama aku bekerja. Lantas bahasa apa yang aku kuasai. Karena aku hanya bersekolah selama 12 tahun, pengalaman kerja selama 10 tahun dan bahasa yang aku kuasai hanya sebatas bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maka officer itu memutuskan untuk menempatkan aku di level B2, tanpa melakukan tes lagi. Menurut informasi yang pernah aku dengar, ada seorang teman yang langsung masuk ke level C3 karena dia lulusan perguruan tinggi dan pengalaman kerjanya pun cukup banyak. Namun ada teman dari Iran/Irak , aku kurang tahu pasti, dia ditempatkan di level A1 karena dia tidak bisa menulis alfabet , mungkin karena yang dia tahu hanya huruf hijaiyah.
Di SFI ini menariknya juga ditawarkan beberapa bonus kalau lulus dan mendapatkan Godkänd atau Väl Godkänd ( bagus dan sangat bagus). Nominal bonusnya berbeda – beda menurut level yang kita ambil,
Jika lulus B1 , bonusnya sebesar 6000 kronor. Lulus C2 akan dapat bonus sebesar 8000 kronor, sedangkan 12000 kronor diberikan jika lulus D3. Tapi tak menutup kemungkinan pula bagi yang memulai di level A1 untuk mendapatkan bonus 12000 kronor itu jika dia lulus dalam rentang waktu yang disyaratkan yaitu sekitar 12 bulan dari waktu saat dia masuk SFI.
Pada akhirnya, kini akupun berjuang untuk mendapatkan bonus itu, lumayan kan untuk uang jajan emak di kampung.
Tepat 2 bulan aku belajar SFI och min man sa att jag är duktig (kata suamiku aku pintar). Dan dalam waktu 2 bulan ini, guruku sudah mengajukanku untuk test ke level C2. Senang sekali ! Paling tidak kesempatan untuk bonus itu masih panjang.
Tidak berhenti sampai di SFI saja, beberapa hari yang lalu aku daftar ke Arbetsförmedlingen, yaitu suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang membantu para pengangguran untuk mendapatkan pekerjaan. Cukup membawa personbevis yang menyebutkan personnummerku, sebetulnya sih yang dibutuhkan adalah ID Card dari Tax Office Sweden (skatteverket), tapi aku belum punya waktu untuk mengurus kartu identitas ini.
Setelah melakukan pertemuan dengan officer di Arbetsförmedlingen aku mendapatkan sedikit penjelasan bahwa jika terdaftar disini, secara jelas mereka tidak membantu kita untuk mencari pekerjaan. Artinya adalah mereka hanya memfasilitasi dan ada beberapa officer yang mengarahkan kita. Dan selama 3 tahun sejak terdaftar di Arbetsförmedlingen aku mendapatkan support, yaitu jika aku mendapatkan pekerjaan, misalnya perusahaan B, maka Arbetsförmedlingen akan membantu keuangan perusahaan B sebesar 80% dari gaji yang aku terima, selama 6 bulan pertama. Begitu seterusnya jika aku bekerja di perusahaan lain dan itu berlangsung selama 3 tahun. Hal ini dimaksudkan agar para pendatang sepertiku mendapat sedikit intregritas di negara ini dan sedikit pengalaman.
Selain itu, Arbetsförmedlingan menyarankan aku untuk menambah ilmu dengan belajar lagi bahasa Swedia di sekolah selain SFI, tapi tetap tidak meninggalkan SFI. Dan mereka bilang selain mendapatkan ilmunya aku juga akan mendapatkan uang dari kehadiranku setiap hari di sekolah itu. Tapi masih belum tahu pasti berapa nominal yang aku dapatkan setiap bulannya dan sampai kapan. Bagaimanapun aku sudah senang sekali dapat kesempatan untuk belajar dan menambah ilmu di negara kutub ini.
Tunggu informasi selanjutnya tentang sekolah yang disarankan Arbetsförmedlingen ya !

Advertisements

12 thoughts on “Sekolah Gratis di Swedia

  1. weeeee… mau kakaaak~
    itu kita mesti di Swedia dulu baru bisa enroll ato bisa dari sini (Indo) sih enrollnya?? :O

    eh, salam kenal xD

  2. salam kenal ya mba fascha….mau tanya ,klw mau ngurus ijin tinggal di sana gimna ya? atw misalkan lulus smu mau kuliah di sana

    • hai Lis …iya aku nikah ama WN Swedia, kl untuk rencana sekolah disini sih aku kurang tau ya, mungkin harus apply program beasiswa dan kemudian apply visa student. Kalo aku karena nikah ama WN Swedia aja sih jdnya sekolahnya gratis, tp bukan karena nikah ama WN Swedia aja sih, as long as kamu pemegang resident permit di swedia kamu udh berhak dapetin benefit yang ditawarkan pemerintahan Swedia

  3. halo mb.. salam kenal y, nama saya Audi. mb cara biar ke register ato punya student visa berarti register dulu y mb ke salah satu univ.. ato bgmn y mb.. terima kasih y mb..

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s