Svenska För Invandrare

Sudah dapet 4 hari sekolah Svenska, bagaimana ceritanya ?
Hari Pertama,
Dateng pagi – pagi dianterin Miku sampe depat pintu masuk sekolah. Kebetulan pilihanku sekolah di dalam mall deket rumah, cukup 5 – 10 menit jalan kaki. Tapi walaupun jalan kaki kalau dinginnya udah minus something derajat ya tetep aja rasanya jauh *dasarmales*. Pertama – tama lapor deh nih ke resepsionis sekolah, tanya ruang mana yang harus aku tuju. Seorang officer sekolah, kalo nggak salah namanya Elina, dia menjelaskan kepada kami dalam bahasa Sweden (baca = Svenska) tentang apa saja yang kami bawa untuk sekolah, dimana pintu darurat, dimana toilet, dimana dapur, kafetaria, ruang komputer, tempat menulis surat ke guru dan lain sebagainya. Tapi, masalahnya yang aku ngerti cuma pas dia njelasin dimana toilet, selebihnya plonga – plongo. Bayangin aja, aku yang sehari – harinya bahasa Indonesia full dan pake bahasa Inggris setengah – setengah ama Miku begitu ketemu orang ngomong pake Svenska langsung deh. Tauk deh bu apa yang diomongin? Ngertinya dia nunjuk – nunjukin yang dimaksud, hahaha berasa parah banget begonya. Nggak lama dari keliling seluruh sekolah, kami diminta untuk ke ruangan komputer, sembari beberapa belajar Svenska dari komputer, ada beberapa orang yang dipanggil untuk ditempatkan di kelas yang gradenya lebih tinggi atau lebih rendah.
Untuk Svenska För Invandrare (Swedish For Immigrant) ini ada 3 tingkatan :
  • Kelas 1A & 1B = Diperuntukkan orang yang hampir tidak pernah mengenyam pendidikan / tidak pernah bersekolah, tidak bisa membaca atau menulis. Dan sistem pengajaran di tingkatan ini mulai dari dasar sekali. Bisa jadi mulai dari bagaimana menulis A, B, C.
  • Kelas 2B & 2C = Orang – orang yang ada di kelas ini kebanyakan yang sudah pernah bersekolah, bisa sedikit bahasa Inggris jadi sistem pengajarannya medium/sedang,
  • Kelas 3C & 3D = Yang di kelas ini adalah yang sudah bisa sedikit Svenska dan pernah kuliah, karena di dalam kelas ini sistem pengajarannya cepat sekali, kalo di tingkatan 1 & 2 bisa 8 bulan lebih dari masing – masing tingkatan , di tingkat 3 ini mereka hanya memelurkan waktu 4 – 6 bulan untuk kemudian tes dan lulus/tidak.
Dan, aku kebetulan kategori 2B, jadi yang sedang – sedang saja *katavetyvera*. Lumayanlah kalo ditaruh di kelas itu jadi cukup waktunya untuk benar – benar memahami tentang Svenska. Kasian Miku kalo pake bahasa tubuh terus kan ya ? Sebelum pulang, Elina bilang, kami di kelas 12 jam 08.oo – 12.oo. Hejda ! Buat hari itu.
Hari Kedua,
Datang pagi – pagi , kukira sudah telat tuh. Tapi begitu sampe depan kelas, ternyata masih terkunci, senyam – senyum liat kanan kiri. Kenapa nggak ada orang Indonesianya ya ? Samping kanan Arab, samping kiri China, depan Negro, belakang India. Halah booo… benar – benar terasa asing, mana mereka kebanyakan ga bisa bahasa Inggris juga, komplit dah tuh, pake bahasa isyarat pulalah kami. Salah seorang guru mbukain kami pintu kelas, berhamburlah kita sibuk cari tempat duduk, masing – masing. Pas sudah duduk, ada guru lain datang dan bilang kalo itu kelas bukan kelas kami. Siaaaul ! Klewas klewes keluar dengan muka marah berbondong – bondong ndatengin resepsionis sekolah dan tanya gimana ceritanya bisa salah ngasih tau. Kalo aku aja yang keliru sih berarti emang akunya yang rada eror yah? Lah ini satu kelas, berarti yang salah kan si Elinanya ngasih taunya bagaimana yah ? Alhasil resepsionis bilang kami seharusnya ada di ruang komputer hari itu. Keselnya, nyampe di ruang komputer nggak ada tutor atau ada guru yang ngajarin kami apa yang harus dipelajarin atau bagaimana ? Heran deh ini sekolah ngeselin banget sih ?
Beberapa jam belajar sendiri di komputer sekolah akhirnya memberanikan diri ndatengin resepsionis lagi untuk tanya jadwal kami besok apa ? Nggak mau dunk waktu abis sia – sia di sekolah tapi nggak dapet kelas dan nggak punya guru ? Mending di rumah ngegame dan ngeblog. Alhamdulillah, resepsionis ,yang kali ini lebih pinter dari sebelumnya, bersedia mengeprintkan jadwal sekolah kami. Dan memang ternyata pada hari kedua setiap minggunya kami ada di ruang komputer untuk belajarnya. Huuu, Elina dudut !
Hari Ketiga,
Agak santai datangnya, sakit perut karena nervous di hari pertama dan kedua sudah ilang blas deh. Dan Alhamdulillah juga, akhirnya kali ini kami masuk kelas, gurunya dari Turki -Turen Kidul, kata oomku- cantik bin bahenol, aslinya sih guru pengganti tapi gapapa deh kalo guru asli diganti ma guru yang ini. Yasmin, namanya. Hari itu kami belajar tentang singular atau kata tunggal (a & an). Dan personliga pronomen atau kata ganti (i,you,he,she,we,they). Lumayan rada mudeng deh sekarang. Bisa – bisa bahasa inggrisnya lewat nih ama svenskanya. Mudah – mudahan ya, amieen ! Oia belajar tentang Brandlarm juga, tentang Firedrill atau edukasi tentang jika terjadi suatu kebakaran di sekolah, jadi kalo dengar alarm kebakaran berbunyi kami harus langsung melalui pintu darurat untuk keluar bangunan dan tidak lari ke dalam mall. Masa pas ada kebakaran mau lari ke mall ? Mau nyolong apa belanja buuuu ?
Hari Keempat,
Atau hari ini tadi masih melanjutkan beberapa pelajaran kemarin, dan dapet PR tentang present tense sentences. Big step ahead nih kaya’nya yah ? Kok rasanya lompat jauh begini ? Tapi mungkin emang udah caranya ngajar begitu. Dan so far aku enjoy banget deh. Eee ketauan aku rada pinter, ada tuh temen cowok dari Gambia yang nempel terus duduknya deket aku, supaya bisa nanya – nanya apa yang diterangin gurunya. Ternyata aku masih lebih beruntung, tau sedikit, dibandingkan mereka. At least, aku masih tau apa artinya åker – going , springer – running, på- on , dan beberapa basic words lainnya.
Begitulah cerita 4 hari pertama sekolahku, berhubung dapet PRnya lumayan banyak, bloggingnya dilanjutin nanti lagi yah.
Buat yang pengen belajar Svenska, yuk mari kita belajar bersama disini. ContactMe yah !
Advertisements

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s