Personnumer and Benefits

Hidup di Sweden sangat teratur dan administratif sekali ☺. Aku suka sekali. Jadi Miku mengajakku ke Skatteverket sangu paspor, surat keputusan ijin tinggal yang dikirim ke alamat Miku dan kartu ijin tinggal yang kupegang, kami berniat untuk membuat personnumer. Sudah kujelaskan di blogku apa itu personnumer sebetulnya. Jadi personnumer adalah barisan angka, tepatnya 10 angka, 6 angka adalah tanggal,bulan dan tahun kelahiran dan 4 angka setelahnya adalah angka spesial yang didapat dari urutan keadministrasian di Skatteverket, kira – kiranya adalah begitu. Dan personnumer ini sangatlah bermanfaat untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan dokumen atau administrasi negara, seperti membuat account di bank, pajak, bahkan untuk beli barang yang kreditpun, kasir toko akan meminta personnumer kamu untuk ditrack . Dan menurutku sistem yang diterapkan ini sangatlah bagus dan patut dicontoh. Terbukti beberapa hari setelah namaku tercatat dengan personnumer di Skatterverket, beberapa surat melayang ke alamat rumah deh. Yang antara lain adalah dari Barnmorskemottagning, yaitu suatu klinik untuk wanita, dalam surat ini aku dianjurkan untuk melakukan Pap Smear dan tentu saja tanpa biaya! Menyenangkan bukan ?!
Bersamaan dengan datangnya surat itu, Försäkringskassan, kata Miku instansi ini menangani yang berkaitan dengan segala administrasi dan asuransi dan segala pembayaran untuk parent days, dan segala macamnya (akan dibahas lebih lanjut kalau aku sudah tahu materinya ya guys).
Dan akhirnya, Miku mengajakku daftar SFI (Svenska För Invandrare), artinya, Swedish For Immigrant, yep … tak jauh dari artinya sekolah ini dikhususkan bagi para pendatang yang mempunyai ijin tinggal di Sweden. Imigran dianjurkan untuk bisa berbahasa Sweden agar bisa mengembangkan ilmu dan mungkin bisa mendapatkan pekerjaan di negara ini. SFI ini tanpa biaya sama sekali, gratis .. tis .. tis … Bahkan jika bisa lulus (dengan persyaratan tertentu) maka akan mendapatkan bonus atau bisa kita bilang beasiswa.
Karena itulah aku mau sekolah lagi ☺, padahal aslinya sih males banget ! Jadi mohon bantuan doanya yah, agar bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang memuaskan supaya bisa ngasih Mommy uang jajan lebih. So, semangaaat !

Advertisements

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s