Servis Memuaskan !!

Suka banget deh tinggal di negara ini, jelasnya karena ada Miku selalu setia disisiku *promo dah nih*, tapi ada yang lainnya lagi. Jadi begini ceritanya, semenjak kedatanganku ke Sweden, banyak sekali yang harus diurus untuk mendapatkan nomor kependudukan alias personnumer (bahasa Swedia), yang bisa dipergunakan untuk apa saja yang berkaitan dengan manfaat – manfaat yang akan didapatkan selama di Sweden setelah aku mendapatkan ijin tinggal selama 2 tahun ini, mudah – mudahan abis itu bisa dapat approval permanen. Sehari setelah menginjakkan kaki di Sweden, Miku ngajakin ke Tax Office untuk daftar personnumer tersebut. Proses lumayan cepat, tidak berbelit – belit dan tanpa biaya apapun. Sebetulnya sih cuma drop beberapa dokumen, seperti fotokopi paspor, kartu ijin tinggal dan surat keputusan ijin tinggalku dari kantor imigrasi yang dikirim ke Miku. Setelah itu pihak Tax Office bilang 4 angka personnumer*) itu akan dikirim ke alamat rumah melalui pos. Selang berapa hari kemudian, kami ke KBRI untuk lapor kedatangan dan meminta surat keterangan sudah menikah. Untuk surat keterangan ini bayar 190 SEK (1 SEK = 1300 IDR, kira – kiranya saat ini). Proses juga lumayan cepat. Setelah dapat personnumer Miku ngajakin aku untuk daftar sekolah bahasa Swedish (svenska), persiapannya juga cuma personnumer dan pasporku. Dan akhirnya aku dapat jadwal masuk tanggal 23 January 2012, deg- degan abis dah nih. Mana semuanya, katanya, ngomong pakai bahasa Sweden, mati dah aku ! Benar terbukti, pas dapat invitation letter dari sekolah yang aku pilih, selembar kertas isinya Svenska aja … *tepokjidat*, Miku deh bertindak sebagai translator setia saat ini. Ternyata ee ternyata … sekolah sambil ngemall nih bakalan, karena sekolah yang aku sengajapilih itu di dalam mall. Cukup sekitar 5 menit jalan dari rumah. Menyenangkan bukan ?! Bisa langsung windows shopping nih selesai sekolah, hihihi … doain dapat sangu yang banyak aja dari Miku.

Yang lagi aku suka dari negara ini, sekali terdaftar di keadministrasian, kamu bakal populer dapat surat dari beberapa instansi , salah satunya adalah Barnmorskemottagning atau klinik atenatal *atenatal apaan ya*. Sebut saja klinik untuk wanita, karena di klinik ini kita bisa melakukan pemeriksaan pap smear dan untuk wanita hamil. Dan pap smear ini dianjurkan dilakukan 3 tahun sekali, untuk melihat kondisi kewanitaan kita. Semua langkah – langkah yang kami lakukan ini sangat cepat sekali tanpa banyak ba bi bu dan bayar ini itu. Aku makin cinta deh …. 🙂

/nb : personnumer adalah angka kependudukan di Sweden ,6 angka pertama adalah tanggal, bulan dan tahun kelahiran ditambah 4 angka spesial yang dianjurkan untuk dihafalkan karena personnumer banyak digunakan untuk segala keperluan menyangkut keadministrasian.

Advertisements

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s