Menikah di Sweden

Dear WP,

Menyandang status baru sebagai Mrs. Thorzell akhirnya , bahagia , haru campur aduk deh pokoknya. Tanggal 27 Juli 2011 kami mendatangi Society House (Kommunhusset) di Sundbyberg untuk melaksanakan upacara pernikahan sipil tersebut. Hanya membawa marriage license yang kami dapatkan dari Tax Service beberapa bulan yang lalu dan melakukan appoinment sebelum kita datang ke society house tersebut untuk dapat tanggal dan jamnya.

Jam 15.oo kami sudah berada di dalam gedung society house dan bertemu dengan officer yang akan menikahkan kami. Dia menulis nama gw dan suami di secarik kertas yang disebut ‘Vigselbevis’. Kertas ini menyatakan bahwa gw dan suami sudah menikah , tapi kertas itu tidak bisa digunakan untuk mendapatkan status legal di mata hukum. Itu cuma sebagai kenang-kenangan dari Society House yang telah menikahkan kami. Sedangkan untuk mendapatkan status legal serta dokumen asli dalam pernikahan yang telah berlangsung, officer tersebut mengirimkan kembali marriage license yang sudah dia isi beserta dengan formulir penambahan nama akhir (nama keluarga) ke Tax Office.

Setelah mengisi beberapa form itu kami diajak ke ruangan lain , khusus untuk melakukan upacara pernikahan. Sebetulnya tanpa melakukan inipun sudah dinyatakan sah , cuma karena kami ingin melakukan semuanya dengan lengkap , apalagi gw sudah dandan secakep mungkin hari itu. Singkat cerita , officer bertanya apa suami bersedia menjadi suami dari bla bla bla dan begitupun tanya ke gw sebaliknya , apakah bersedia menjadi istri dari mr. thorsell dan bla bla bla … setelah itu tukeran cincin , taking picture , ucapan selamat dan …. pulaaang !

Officer itu bilang kami akan mendapatkan Marriage Certificate dari Tax Office beberapa minggu setelah dia mengirim berkas pernikahan kami ke Tax Office. Semoga saja tidak membutuhkan waktu yang lama , karena gw juga membutuhkan dokumen-dokumen tersebut untuk apply Resident Permit gw kalau pas pulang ke Indonesia nanti.   

Love

-fascha-

Advertisements

4 thoughts on “Menikah di Sweden

  1. Hai.. Gw mau tanya dong. Setelah dapet married license dari tax office. Gw ke society house ya. Society house itu ada dimana? Dan mendapatkan status legal itu gimana caranya. Yg lu maksud officer diatas itu officer di society house atau officer di tax office?

    • Society house ya tergantung dimana kamu tinggal darL, officer yg aku maksud itu yg ada di society house. Seperti yg aku tulis, saat akan menikah, kirim dokumen untuk mendapatkan ijin menikah dr tax office kemudian surat dikirimkan ke society house terdekat tempat kamu pgn menikah. Setelah itu km bakal dpt tanggal dan waktu, km bs mnt waktu yg kamu inginkan jika memungkinkan, setelah menikah, bbrp mgg mereka akan kirim sertifikat pernikahan dgn itu pernikahan km udh tercatat di Swedia

  2. Kalo diTallasen, society house nya dimana? Btw kamu tinggal dimana di sweden. Boleh minta nomer hp kamu gak? Aku mau tau lebih lanjut lagi & ingin jadi teman kamu juga disweden karena disweden aku gak ada temen. Thx for info

    • Kalo di Tallåsen aku gaktau darLing, Sweden kan besar, aku yakin calonmu pasti tau deh dimana society house di sekitaran tempat dia. Ntar no tlp aku email ya say. Aku di Stockholm jauuuh dari Tallåsen sayangnya 😔

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s