Midsummer Eve

Glad Midsommar !
Begitulah gretting yang mereka ucapkan saat Midsummer Eve , tanggal 24 Juni 2011. Maksudnya untuk menyambut summer setelah beberapa bulan lamanya dirundung winter yang dinginnya menusuk ke tulang. Dalam perayaan ini mereka membuat sebuah maypole yang dihiasi bunga-bunga musim panas , aku paling suka design dari Sweden dan Germany.
Seperti ini yang kutemui di dekat rumah mertua kemarin . Melarikan diri sebentar setelah makan siang hanya untuk menyaksikan perayaan Midsommarafton . Dimulai dari beberapa upacara kecil , 4 pasang laki-laki dan perempuan yang cukup berumur mengenakan pakaian tradisional Sweden melakukan beberapa tarian di dekat maypole yang sudah cukup ramai dipadati para partisipan. Sementara anak-anak sudah ga sabar untuk menari bersama-sama. Setelah upacara selesai , MC mempersilahkan kami untuk membuat 3 lingkaran mengelilingi maypole. Kulihat beberapa orang memakai wreath atau disebut Blomsterkrans *svenska* di kepalanya , bagus banget *ngiri*. Nyesel banget ga bikin wreath sendiri , kemudian timbul ide untuk menjual wreath untuk midsummer yang akan datang *thinkingbusinesspop-out*. Nampak mulai sibuk dan sedikit kewalahan si MC mengatur orang-orang supaya membuat lingkaran yang bagus, mintanya 3 lingkaran tapi jadinya malah 3 setengah lingkaran.
Beberapa lagu dinyanyikan , antara lain Små Grodorna (small frogs) dan Sju Vackra Flickor i en Ring (Seven Beautiful Girls in a Circle) sambil melakukan gerakan-gerakan lucu dan menyenangkan. Ramai dan ceria sekaligus kelihatan kompak sekali orang-orang itu menari dan menyanyi bersama. Katanya sih lebih seru merayakan midsummer eve ini kalo udah punya anak. Bisa seseruan bareng anak.  Sementara kini aku cuma bisa ngiri dan bengong , cuma senyum-senyum sendiri lihat mereka.
Anehnya di hari itu adalah , katanya Midsummer , tapi benar-benar tidak ada panasnya. Malahan beberapa hari sebelum Midsummer itu hujan gede dan petir. Pas dengnya Midsummer , memang sih ga hujan , tapi angin kencang , berawan dan dingiiiiiin ! boleh dibilang Midwinter deh. Lucunya , kami tetap saja merayakannya dengan makan siang dan Fika di beranda rumah sambil menutupi tubuh dengan berlapis-lapis selimut. Swedish aja ga tahan , apalagi aku. Brrr !!!
Dan kini masuk angin plus sakit kepala melanda. Need mom buat ngerokin….
Makan… makan…. makan….
/Tambahan cing , menu yang disajikan di Midsummer Eve antara lain pickled hering dalam berbagai varian , strawberry cake , wine , dan beberapa makana segar lainnya. Tapi maaf kali ini cuma bis menyajikan gambar dari pickled hering tersebut. Janji deh nanti upload gambar-gambar makanan yang lain, dijamin ngowooooss !
Gambar sebelah kiri itu adalah campuran telur rebus , hering dan kentang rebus dalam cream ditaburi daun dill , sedangkan yang dikanan ini adalah pickled hering dalam berbagai marinate yang banyak dijual di mall-mall. Agak keras bau dan rasanya , namanya juga ikan. Aku yang ga begitu doyan ikan , makannya terpaksa tutup hidup , fishy bow … iyalah … namanya juga ikan. Tapi rasa mengalahkan bau , apalagi kandungan Omega 3 dari ikan ini termasuk tinggi. Jadi sangat bergizi untuk mengawali musim panas di Sweden. –edited June,26th ’11 12.311am-
Advertisements

5 thoughts on “Midsummer Eve

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s