wedding preparation

Dear WP,

Sebetulnya judul diatas bukan tentang wedding preparation gw , tapi sedikit banyak gw sudah pernah menyusun sebuah pesta pernikahan yang jadinya sukses #ingatbeberapatahunlalu.Pesta pernikahan itu gw anggap sukses jika :

  • Makanan yang disajikan ga kurang
  • Make up pengantinnya ga luntur saat acara
  • Tamunya ga komplain

Menurut gw , itu point penting dalam resepsi pernikahan.Lantas bagaimanakah caranya ?

  • Budget , pertama-tama yang harus dipikirkan adalah berapa budget yang kamu sediakan untuk resepsi pernikahan ini. Tidak usah memaksakan diri untuk membuat pesta besar-besaran kalau kamu budget sedikit. Dan yang terpenting , jangan sampai ngutang hanya untuk pesta. Mending uangnya buat hal-hal yang lain #pengalamanpribadi.
  • Guest , tentukan berapa tamu yang akan diundang. Beberapa teman dari pihak suami/istri dan sisakan beberapa margin untuk orang tua. Bangga dong jadi orang tua karena akhirnya anak mereka menikah, tentunya mereka juga ingin berbagi kebahagiaan itu bersama relatives mereka.
  • Time & Place , ini juga penting dan sangat berhubungan dengan budget yang sudah kamu sediakan. Menurut pengalaman gw , lebih hemat jika mengadakan sebuah pesta di malam hari daripada di siang hari. Kenapa ? Ini sudah lama gw teliti , survey membuktikan kebanyakan orang menghindari makan malam , apalagi umumnya makanan yang disajikan dalam sebuah pesta itu mengandung kolesterol , sebagai contoh : kambing guling , sate kambing , dll. Dan juga waktu pesta di malam hari lebih pendek dibandingkan siang hari #versigwlohya. Untuk tempat , ga perlu di gedung mewah yang pastinya menyedot banyak biaya untuk sewanya. Ide gw sih , sewa/gunakan rumah dengan halaman yang cukup luas.

Setelah 3 point tersebut diatas jelas , marilah kita beranjak ke yang penting-penting berikutnya :

  • Theme , mau model javanese atau europe. Dua-duanya bisa dibuat glamour atau simple. Dan setahu gw , biasanya di salon-salon pernikahan, mereka menyediakan paketan untuk costumernya . Dan untuk pakaian juga menyediakan berbagai pilihan yang menarik. Biasanya paketannya juga termasuk dengan dekorasi dan pelaminannya. Untuk mix matchnya bisa konsultasi dengan mereka dan disesuaikan dengan selera kamu. Ga usah pusing deh.
  • Food & Beverage , lumayan penting nih , karena kalau ga enak sedikit saja bisa jadi bahan pembicaraan orang banyak. Repot yee ?? Ya begitulah , karena sebagai manusia kita hidup bersosialisasi. Untuk F&B bisa melihat sejarah dan pengalaman-pengalaman teman yang menggunakan jasa catering. Mereka juga menyediakan icip-icip a.k.a test F&B jika kita berminat untuk pakai jasa mereka. Ga perlu malu mengatakan kritikanmu , kalau F&Bnya kurang pas di lidah. Mereka juga butuh advise kok. Atau budget pas-pasan untuk ambil catering ? Sebetulnya mereka menyediakan berbagai pilhan harga , tapi masih merasa keberatan juga ? Mari dengan cara gw , pernah jajan di kaki lima ga ? Food stall pinggir jalan ? Pernah nemuin yang rame pelanggannya dunk ? Banyak kok di jalanan atau bahkan warung kecil yang selalu rame pelanggan , jadi idola dan namanya udah kemana-mana. Kenapa ga coba tanya mereka , book mereka untuk satu hari saja stand by di pesta pernikahanmu. Tentunya ga cuma satu penjual , hubungi juga beberapa penjual lain. Lumayan kan , murah meriah , unik , itung-itung juga membantu penjual itu.
  • Souvenir & Invitation , sekarang jaman canggih , bisa bikin undangan online untuk teman-teman kamu yang ga gaptek , lumayan mengurangi budget untuk bikin undangan kan ? Jadi ga perlu pesan terlalu banyak untuk undangan. Souvenir juga banyak sekarang dijual grosiran di beberapa mall. Tinggal kreatifnya kamu saja. Manfaatkan tenaga cuma-cuma dari kerabat untuk modifikasi sedikit souvenir yang memang sangat biasa #kalaubelinyagrosiran. Dijamin pasti puas deh kalau sudah lihat hasil kreasi sendiri untuk pernikahan kita.
  • Documentation , banyak photographer yang juga menawarkan paketan , mulai dari prewed hingga masuk kamar pengantin , oups … kalau ini sih off the record, tapi  ada juga beberapa pengantin yang ingin mengabadikan kamar pengantinnya. Kalaupun ga mampu sewa photographer , bisa pakai jasa teman untuk mengabadikan momen-momen terindah itu.

So far that what i know dan menurut versi gw tentunya. Point-point tersebut diatas mungkin hanya sebagian kecil , tapi itu cukup mewakili beberapa yang lainnya. Karena ‘mbah’nya sudah dijabarkan diatas , kalau masih ada yang mengganjal dan perlu dipertanyakan , you are so welcome to contact me anytime. 

Love ,

-fascha-

Advertisements

mau komen juga boleh kok, silahkaaan... !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s